Setelah PNS Milenial, Siap-siap Kelompok Ini yang Bakal Berangkat ke IKN

ADVERTISEMENT

Setelah PNS Milenial, Siap-siap Kelompok Ini yang Bakal Berangkat ke IKN

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 11:14 WIB
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono (tengah) memimpin pengibaran Bendera Merah Putih di lokasi titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Selatan, Rabu (17/8/2022). Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pihak Otorita IKN Nusantara melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih pertama di kawasan titik nol IKN Nusantara yang melibatkan seluruh pekerja proyek, TNI, POLRI, Pemerintah Kecamatan,pelajar dan tokoh adat serta tokoh masyarakat. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
IKN Nusantara/Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S
Jakarta -

Proyek pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus berlanjut. Seiring dengan pemindahan Ibu Kota ini, nantinya sejumlah perangkat negara juga harus ikut pindah.

Sebagai contoh, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) tentunya akan ikut diboyong ke IKN nantinya. Pemerintah sudah memetakan ASN yang pindah ke IKN sejak Juli lalu. Terbaru, ada bocoran terkait ASN mana yang pertama dinas di IKN.

Menurut Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Rahajoe, ASN yang pertama akan pindah adalah ASN alias PNS milenial. Hal ini disampaikannya dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN.

"ASN Milenial yang akan jadi penduduk awal di sana (IKN)," katanya di Ballroom Djakarta Theater XXI.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono. ASN bakal menjadi penghuni pertama IKN beserta beberapa kelompok lainnya. Seperti kelompok pekerja, investor, masyarakat yang sudah tinggal di IKN, dan lainnya.

Tidak berhenti di sana, setelah kelompok ASN milenial, nantinya perangkat keamanan negara tentunya akan ikut dipindahkan. Jadi setelah ASN milenial, pemerintah akan memindahkan anggota TNI Polri secara bertahap ke wilayah Ibu Kota baru ini.

"Yang kedua tadi TNI ASN POLRI yang akan pindah ke sana secara bertahap sampai tahun 2024 nanti kita lihat persiapan," ujar Bambang.

Sementara itu, pemerintah meminta penghuni IKN tidak khawatir terkait fasilitas dan penunjang hidup. Pasalnya, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas bersama investor, mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, properti, infrastruktur, kuliner, dan lain-lain.

Dhony menyebut ada sekitar 7 rumah sakit dan 9 sekolah standar internasional siap dibangun di IKN. Sementara IKEA, Starbucks, Kopi Kenangan disebut akan hadir di IKN.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama menyampaikan bahwa BKN mendapatkan mandat untuk melaksanakan asesmen ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

"Pemetaan/penilaian potensi dan kompetensi (talent mapping) ini akan menyasar ASN di sejumlah instansi pemerintah pusat, yakni ASN kementerian/lembaga yang bertugas dan berkantor di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan sekitarnya," ujar Satya dikutip dari laman BKN.

Satya menyampaikan, pada pelaksanaan pemetaan/penilaian kompetensi tahap awal pada 2022 sampai 2023 ditargetkan 60 ribu ASN, meliputi 20 ribu ASN di tahun 2022 dan 40 ribu ASN pada tahun 2023.

Lihat juga video 'Kepala Otorita Siapkan 3 Hal agar IKN Nusantara Jadi Kota Layak Huni':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT