5 Cara Mencegah Bau Apek di Dalam Lemari Pakaian

ADVERTISEMENT

5 Cara Mencegah Bau Apek di Dalam Lemari Pakaian

Sponsored - detikFinance
Rabu, 26 Okt 2022 08:07 WIB
Ruparupa
Foto: Ruparupa
Jakarta -

Pakaian yang baru dicuci bisa mengeluarkan bau apek bila langsung disimpan di dalam lemari. Hal ini terjadi karena tidak adanya pergantian sirkulasi udara sehingga lemari menjadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur.

Nah, agar tidak terjadi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips jitu mencegah bau apek pada lemari baju yang bisa kamu terapkan, seperti berikut ini.

1. Bersihkan Lemari secara Teratur

Meskipun terdengar ribet karena harus mengeluarkan semua pakaian dari lemari, kamu tetap perlu melakukan hal ini secara rutin. Cukup bersihkan segala debu yang menempel dengan menggunakan kain lembab atau vacuum cleaner.

Kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih anti bakteri agar jamur dan tungau tidak berkembang di dalam lemari.

2. Menggunakan Pengharum Lemari

Agar bau lemari menjadi lebih segar, kamu juga bisa menggantung pengharum lemari yang dapat dibuat dari bahan alami, seperti bubuk kayu manis, bunga kering, kopi, dan sebagainya. Selain berfungsi untuk mengharumkan pakaian dan lemari, bahan alami ini juga dapat mencegah tumbuhnya kutu dan jamur.

3. Menggunakan Ampas Kopi

Daripada membuang ampas kopi setelah menyeduhnya, kamu bisa memanfaatkannya sebagai penangkal bau apek pada lemari. Caranya dengan memasukkan ampas kopi pada sebuah wadah dan letakkan di dalam lemari. Pastikan mengganti ampas kopi tersebut dengan yang baru setiap bulannya.

4. Pisahkan Pakaian yang Sudah Tidak Digunakan

Ketika ingin pergi, kerap kali kamu membuat isi lemari menjadi berantakan karena sibuk memilih baju yang ingin digunakan. Padahal, lemari yang berantakan merupakan tempat bersarangnya bakteri.

Untuk itu, kamu perlu memisahkan pakaian yang sudah tidak digunakan agar lemari terlihat lebih lapang. Jadi, sirkulasi udara di dalam lemari juga lebih terjaga.

5. Anginkan Lemari Secara Rutin

Agar terjadi pergantian udara segar, kamu bisa membuka lemari pakaian secara rutin. Cara ini akan mencegah lemari menjadi lembab dan sesak.

Selain itu, kamu juga bisa mengeluarkan beberapa pakaian yang telah lama disimpan untuk diangin-anginkan di luar memakai kipas angin sebelum menyimpannya kembali.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah mencegah bau apek pada lemari pakaian yang bisa kamu ikuti. Apabila kamu sedang mencari lemari pakaian dan kipas angin, kamu bisa mendapatkannya melalui situs belanja online ruparupa.com.

Harga lemari pakaian dan harga kipas angin yang dijual juga bisa cukup beragam, tergantung dari bahan, ukuran, dan merek. Jadi, kamu bisa membeli sesuai dengan bujet.

Selain itu, situs belanja online ini juga menjual berbagai perabot rumah tangga berkualitas lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Ataru, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

(Content Promotion/Ruparupa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT