Rumah Sakit Vertikal Rp 1,49 T Bakal Dibangun di Surabaya

ADVERTISEMENT

Rumah Sakit Vertikal Rp 1,49 T Bakal Dibangun di Surabaya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 31 Okt 2022 14:29 WIB
Progres pembangunan Rumah Susun Sewa Tingkat Tinggi (RTT) Pasar Rumput terus dikebut. Rencananya proyek tersebut akan selesai pada akhir 2018.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Rumah Sakit Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Vertikal Surabaya akan segera di bangun. Proyek pembangunan senilai Rp 1,49 triliun ini akan dipegang oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) bersama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) (WIKA-WEGE KSO).

Terpilihnya WIKA-WEGE KSO ditandai dengan penandatanganan kontrak bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Rabu pekan lalu. Adapun lingkup pekerjaan WIKA-WEGE KSO meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical, electrical and plumbing engineering serta infrastruktur.

Pengguna Anggaran Kementerian Kesehatan, Azhar Jaya menyampaikan, pembangunan proyek ini merupakan wujud transformasi layanan kesehatan dan mendukung program Kemenkes RI dalam mempercepat pemerataan pelayanan Rumah Sakit.

"Visi yang sangat mulia dari Kementerian mendorong kita untuk mempercepat pembangunan pelayanan rumah sakit, sehingga terpilihnya konsorsium WIKA-WEGE diharapkan proyek ini bisa berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu dengan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan," ujar Azhar, dikutip melalui keterangannya, Senin (31/10/2022).

Sementara itu, Direktur Operasi WIKA Rudy Hartono yang turut hadir dalam penandatanganan kontrak menyampaikan apresiasinya terhadap kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan.

"WIKA-WEGE KSO menggunakan Value Engineering (VE) dan inovasi Building Information Modelling (BIM) pada pekerjaan struktur untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan," kata Rudy.

Dengan rekam jejak WIKA yang dipadukan dengan kompetensi WEGE pada proyek Bangunan Gedung, Rudy Hartono meyakini bahwa proyek RS UPT Vertikal Surabaya akan selesai dengan mutu yang baik.

Sebagai informasi, acara penandatanganan itu dihadiri oleh Pengguna Anggaran Kementerian Kesehatan Azhar Jaya, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Aswan Usman, Direktur Operasi III WIKA Rudy Hartono, Kepala Divisi Bangunan Gedung WIKA Mochamad Yusuf, GM Pemasaran BGLN WIKA Bobby Iman Setya, Direktur Utama WEGE Hadian Pramudita, dan Direktur Operasi II WEGE Akhmadi Tricahyono di Surabaya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT