ADVERTISEMENT

PNS Pindah ke IKN, Pilih Rumah Dinas atau Beli Sendiri?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Nov 2022 11:02 WIB
Infografis Pindah ke IKN (Ibu Kota Negara)
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta -

Ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur mulai dibangun. Nantinya para pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah pusat yang di Jakarta bakal ikut berpindah ke IKN juga.

Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono buka-bukaan soal hunian yang bakal dipakai oleh para abdi negara di IKN. Menurutnya semua PNS yang pindah ke IKN bakal mendapat rumah dinas dan juga bisa membeli non dinas.

Rumah dinas didapatkan dari negara. Tapi, PNS juga bisa membeli rumah komersil yang nantinya akan dikembangkan oleh pihak swasta di sekitar IKN.

"Skemanya seperti yang sudah ada, ada rumah dinas ada yang non dinas. Rumah dinas tak bisa diperjualbelikan, nanti pasti pake uang negara masuk ke situ. Cuma kan ada bagian swasta bisa masuk, mungkin ada ASN pengin beli kan," ungkap Bambang setelah melakukan rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/11/2022) kemarin.

Menurutnya, pihak swasta juga diminta untuk membentuk kompleks-kompleks pengembangan wilayah komersial. "Swasta juga bakal bikin satu kompleks multiple usage. Ada komersialnya, departement store segala macam, dan ada apartemen juga," ujarnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Sri Mulyani Tepis Pemerintah Cuma Bahas Infrakstrukur-IKN Saja

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT