Pembangunan Istana hingga Kantor Kementerian di IKN Mulai Desember

ADVERTISEMENT

Pembangunan Istana hingga Kantor Kementerian di IKN Mulai Desember

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 29 Nov 2022 21:57 WIB
Jokowi ke IKN Nusantara lewat jalur laut
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan gedung pemerintahan, kementerian hingga istana negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, segera berjalan. Waktu pembangunan ditargetkan dilakukan mulai Desember 2022 ini.

"Berkaitan dengan pembangunan kementerian, istana presiden dan wakil presiden juga (akan dimulai), ini bulan Desember sudah dimulai," kata Jokowi dalam keterangan pers Selasa (29/11/2022).

Jokowi mengatakan, berbagai infrastruktur di IKN memang sudah mulai dibangun. Ia mencontohkan infrastruktur suplai air ditargetkan selesai Januari 2023.

"Untuk IKN ini kita sudah memulai (pembangunan) untuk infrastrukturnya, dam untuk suplai air baku ke IKN sudah, selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga telah menyampaikan progres pembangunan IKN Nusantara. Per November 2022 tercatat sudah ada 40 kegiatan konstruksi senilai Rp 25 triliun.

Rinciannya, pelaksanaan lelang tahun anggaran 2022 untuk pembangunan di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sebanyak 15 kegiatan, dengan nilai Rp 10,91 triliun. Sedangkan pembangunan di kawasan KIPP, terutama zona 1A sebanyak 25 kegiatan senilai Rp 15,08 triliun.

Sementara itu, kegiatan yang telah terkontrak hingga Minggu ke-4 November 2022 yaitu sebanyak 22 kegiatan, dengan nilai Rp 15,01 triliun. Rencananya akan ada tambahan kegiatan terkontak antara bulan November-Desember 2022.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT