RI Bakal Pamerkan Konsep IKN di Jerman Biar Investor Kepincut

ADVERTISEMENT

RI Bakal Pamerkan Konsep IKN di Jerman Biar Investor Kepincut

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 18:45 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). Prasasti tersebut dibangun di atas tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia yang telah disatukan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Ilustrasi IKN/Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Jakarta -

Indonesia menjadi Partner Country Hannover Messe 2023. Rencana ada 150 eksibitor yang diboyong ke Jerman, termasuk BUMN, startup, industri, pada pameran yang digelar pada 17-21 April 2023.

Menurut Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Eko SA Cahyanto, konsep ibu kota negara (IKN) juga akan dipamerkan di sana.

"Ada IKN dalam showcase nanti nanti di Hannover Messe, melalui penampilan konsep dan konferensi yang akan diselenggarakan. Akan ada seminar dan konferensi," katanya dalam konferensi Pers di gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (12/6/2022).

Eko menjelaskan, hal ini dilakukan demi menarik minat investor dan penyedia teknologi untuk bisa hadir di IKN. "Ini juga dalam rangka mengundang para penyedia teknologi, para investor untuk juga bisa hadir di IKN," jelasnya.

Menurutnya harus ada benefit dari kegiatan ini. Ia mencontohkan sejumlah startup berhasil meneken kontrak bisnis usai acara ini.

"Beberapa industri di Jerman juga kerja sama dengan industri Indonesia. Misalnya Toolcraft dengan Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI) bangun pabrik baru di Yogyakarta, bangun komponen pesawat," ungkapnya.

Selain itu, ada juga kerja sama investasi di sektor semikonduktor di Batam, yaitu oleh Infineon Technologies. Dari kerja sama ini akan diproduksi chip semikonduktor dengan target produksi 35-150 juta unit per minggu.

Untuk gelaran Hannover Messe, pemerintah menggelontorkan dana Rp 140 miliar. "Anggaran sudah diketok di DPR untuk keseluruhan, Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023 Rp 140 miliar," katanya.

Adapun anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan program, termasuk penyiapan paviliun nasional, penyiapan booth untuk eksibitor, kebutuhan logistik, dan lainnya.

Eko menambahkan, dengan dana tersebut ditargetkan Indonesia menargetkan imbal hasil hingga 100 kali lipat. Target tersebut adalah target minimum yang dipasang pemerintah.

Simak juga video 'Jokowi di Depan Masyarakat Suku Dayak: Apakah Betul Mendukung IKN?':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT