Sudah Dibersihkan, Gaya Arsitektur Rumah Mewah Ibu Eny Kini Kelihatan

ADVERTISEMENT

Sudah Dibersihkan, Gaya Arsitektur Rumah Mewah Ibu Eny Kini Kelihatan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 06 Jan 2023 12:04 WIB
Rumah Mewah Ibu Eny
Foto: (Shafira Cendra Arini/detikcom)
Jakarta -

Ramai diperbincangkan di media sosial tentang kisah Ibu Eny dan anaknya, Tiko, yang tinggal di sebuah rumah mewah terbengkalai tanpa air dan listrik. Disebut-sebut, ibu dan anak ini mengalami kondisi tersebut selama 12 tahun lamanya.

Lalu, bagaimana penampakan rumah Tiko?

Menjawab rasa penasaran, detikcom langsung menyambangi rumah yang berada di Jl. Peron, kawasan Komplek PLN Klender, Jakarta Timur, Jumat (06/01/2022). Nampak sebuah rumah mewah bercat kombinasi coklat muda berdiri kokoh di ujung jalan tersebut.

Rumah ini memiliki luasan sekitar 300-400 m2. Luasannya sedikit lebih besar dari rumah-rumah lainnya di kawasan tersebut karena posisinya yang berada di hook alias pojok. Tidak hanya itu, rumah ini memiliki 2 lantai sehingga kesan megah dan besar semakin terlihat.

Dari eksteriornya, terlihat fasad atau muka rumah ini punya sentuhan gaya arsitektur modern-classic, dengan dua buah pilar berbentuk persegi menjulang dari lantai 1 hingga ke balkon lantai 2, mengapit pintu masuk utama. Sementara untuk pintu dan jendelanya, dipenuhi dengan ornamen kayu berwarna coklat.

Modern-classic sendiri merupakan desain yang memadukan elemen-elemen klasik dan elemen modern. Di rumah Tiko ini, terlihat pula ornamen menyerupai balkon berbentuk setengah lingkaran menghiasi tiap-tiap jendela lantai 2 rumah tersebut, menambah kesan klasik.

Hanya saja, penampakan rumah ini dari luar terlihat kurang layak untuk ditempati. Di kejauhan, rumah ini terlihat lusuh dengan beberapa coretan berupa pilox di dinding rumah. Ada pula beberapa barang seperti sofa dan meja usang yang tergeletak di area parkiran rumah.

Begitupula dengan pagar rumah, yang dalam kondisi cat banyak yang sudah terkelupas dan berkarat. Terlihat pula sisa-sisa dahan pohon yang baru saja dipangkas, tertumpuk di depan rumah.

Diketahui, rumah ini telah dibereskan oleh warga dan aparat setempat sejak beberapa hari lalu. Oleh karena itu, kondisinya kini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan saat pertama kali kisah ini viral di media sosial.

Sayangnya, rumah tersebut dikunci oleh penanggung jawab lingkungan setempat sejak kemarin malam. Beberapa petugas oren pun masih terus melakukan pembersihan di sekitaran rumah tersebut setiap harinya.

Lihat juga video 'Rumah Mewah Ibu Eny Kini Disemprot Cairan Desinfektan':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT