Deretan Mal Sepi Kayak Kuburan

ADVERTISEMENT

Deretan Mal Sepi Kayak Kuburan

tim detikcom - detikFinance
Jumat, 06 Jan 2023 16:16 WIB
Mal Blok M merupakan salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta. Namun kini pusat perbelanjaan itu seakan terlupakan dan sepi dari aktivitas jual-beli.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sempat membuat mal-mal di ibu kota sepi pengunjung karena berbagai pembatasan mobilitas masyarakat. Namun di kala kini pandemi mereda hingga PPKM telah dicabut, beberapa mal di Jakarta terpantau masih sepi bak kuburan.

Berikut sederet Mal di ibu kota yang kiprahnya telah meredup hingga sepi bak kuburan yang dirangkum menurut catatan detikcom.

1. Ratu Plaza

Ratu PLaza dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, yang berlokasi di Sudirman, Jakarta Pusat. Namun sayang kondisinya kini memprihatinkan.

Mal yang terletak di kawasan strategis ini mulai sepi sejak pandemi COVID-19 pada 2020 silam. Kondisi itupun membuat sebagian besar pemilik kios memutuskan untuk tutup. Namun sayangnya hingga kini, kondisinya pun tak menunjukkan perkembangan.

Dulunya, para pedagang bisa meraup omzet hingga puluhan juta. Kini, pedagang hanya bisa mengantongi omzet di kisaran ratusan ribu. Walaupun penghasilan berkurang drastis, para pedagang tetap membayar sewa toko secara penuh.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT