16.990 ASN dan Hankam Pindah ke IKN Tahun 2024, Ini Rinciannya

ADVERTISEMENT

16.990 ASN dan Hankam Pindah ke IKN Tahun 2024, Ini Rinciannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 15 Jan 2023 12:15 WIB
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan ada tiga investor yang bakal menopang pembangunan hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) senilai Rp 41 T.
Desain hunian ASN di IKN (Foto: Dok. Otorita Ibu Kota Nusantara)
Jakarta -

Ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bakal mulai diisi oleh aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024. Perpindahan PNS bakal mulai dilakukan tahun depan.

Menurut perhitungan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan ada 16.990 personel ASN dan petugas Hankam (pertahanan dan keamanan) yang bakal berpindah ke IKN per 2022. Setidaknya ada 35 kementerian dan lembaga yang akan pindah duluan, termasuk di dalamnya 4 kementerian koordinator.

Hal ini terungkap dalam dokumen Surat Kementerian PAN-RB kepada Otorita IKN tentang penyampaian data sementara ASN 35 K/L yang dipindah ke IKN. Surat itu ditandatangani langsung oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dilihat detikcom Minggu (15/1/2023).

Dalam suratnya, Kementerian PAN-RB menyampaikan data komposisi ASN dan petugas Hankam yang akan dipindah ke IKN Nusantara pada 2024. Rinciannya, ada 11.274 ASN yang bakal pindah ke IKN di 2024, belasan ribu ASN ini dikoordinir oleh Kementerian PAN-RB dan Kementerian PPN/Bappenas.

Sementara itu, sisanya adalah personel Hankam sebanyak 5.176. Untuk personel Hankam sendiri dikoordinir oleh Kementerian Pertahanan.

Siapa saja yang akan pindah duluan ke IKN? Dalam dokumen itu dijelaskan perpindahan akan dilakukan oleh PNS dengan jabatan pimpinan tinggi madya hingga jabatan pelaksana.

Selanjutnya, untuk menentukan jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan jabatan pelaksana yang akan dipindah duluan, termasuk struktur keluarga yang ikut pindah pemetaannya dilakukan oleh masing-masing pimpinan kementerian lembaga.

Berikut ini jumlah rincian PNS di tiap jabatan yang akan pindah ke IKN:

  1. Jabatan pimpinan tinggi madya yang dipindah ke IKN sebanyak 193 orang
  2. Jabatan pimpinan tinggi pratama sebanyak 964 orang
  3. Jabatan fungsional sebanyak 8.091 orang
  4. Sementara jabatan pelaksana yang dipindah adalah 2.026

(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT