IMB Jadi PBG, Jokowi: Namanya Sudah Gonta-ganti dan yang Ruwet Kita!

ADVERTISEMENT

IMB Jadi PBG, Jokowi: Namanya Sudah Gonta-ganti dan yang Ruwet Kita!

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 12:00 WIB
Wawancara Presiden Jokowi
Presiden Jokowi/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara terkait penamaan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah diganti menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Nama itu dinilai ruwet karena terlalu panjang.

"Kalau dulu namanya IMB, sekarang PBG. Namanya sudah gonta-ganti dan ini yang ruwet kita. Nama itu dua kata cukup lah, 'izin gedung' gitu aja sudah. Dulu IMB izin mendirikan bangunan, ini ganti persetujuan bangunan gedung, haduh," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) se-Indonesia, Selasa (17/1/2023).

Menurut Jokowi, yang terpenting adalah bukan penamaannya, melainkan penyelesaian izin investasi yang bisa rampung dengan segera.

"Ini yang masih jadi problem besar kita, yang harus kita selesaikan dengan kecepatan," ucapnya.

Jokowi menyebut investasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi di 2023 dan sedang menjadi rebutan semua negara. Untuk itu, seluruh pemerintah daerah diminta memberikan perhatian terhadap investasi.

"Jangan lagi izin berbulan-bulan!," tegasnya.

Apalagi realisasi investasi pada 2022 disebut mencapai target Rp 1.200 triliun. Pangsa investasi di luar Jawa juga telah mencapai 53%.

"Ini bagus sekali pemerataan terjadi karena telah dibangun infrastruktur di luar Jawa sehingga investasi menuju ke luar Jawa sangat bagus untuk pemerataan kita. Dari target Rp 1.200 triliun investasi kita 2022, tercapai Rp 1.207 triliun. Ini juga sangat bagus karena bisa menciptakan lapangan kerja 1,3 juta orang," bebernya.

Lihat juga video 'Jokowi Perintahkan Gubernur Sering ke Pasar, Sudah Nggak Musim 'ABS'':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT