Banyak Hotel Dijual Usai Pandemi, Pengusaha Ungkap Biang Keroknya

ADVERTISEMENT

Banyak Hotel Dijual Usai Pandemi, Pengusaha Ungkap Biang Keroknya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 21:15 WIB
Hotel Dijual Online
Foto: Hotel Dijual Online (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Belakangan ini, ada banyak hotel yang dijual di situs jual beli online. Menurut Ketua BPD PHRI DKI Jakarta Sutrisno Iswanto, hal itu mungkin saja terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah kerugian.

"Yang dijual tuh memang di penjualan online kan banyak banget gitu, sampai saat ini banyak. Itu rata, hotel bintang 5 ada, bintang 4 ada, (bintang) 3 ada, dan kebanyakan hotel bintang 3 ke bawah itu yang dijual di sana di online, di platform-platform," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (17/1/2023).

"Itu banyak sekali yang kayaknya memang mereka kesulitan, faktanya begitu. Hotel itu tetap kesulitan, masih banyak yang rugi walaupun tadi kita mendapat penjelasan pajak hotel itu naik tadi ya, saya nggak tau juga bisa naik seperti itu luar biasa juga," lanjutnya.

Sebagai informasi, dari penelusuran detikcom pada platform penjualan online, memang ditemukan berbagai hotel yang dijual di Jakarta. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 6,5 miliar hingga Rp 2,5 triliun. Hal itu tergantung dari jenis hotel dan lokasinya.

Berdasarkan catatan detikcom, pada tahun 2021, penjualan hotel di tempat jual beli online juga sempat dilakukan. Dilihat di sebuah situs penjualan online, Jumat (5/2/2021) silam, hotel-hotel yang dijual lokasinya tersebar, mulai di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Barat. Misalnya saja sebuah hotel berbintang 5 di Jakarta Pusat, dibanderol dengan harga Rp 2,7 triliun. Hotel tersebut memiliki 20 lantai dengan total 251 kamar.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT