Dilelang Nggak Laku-laku, Nasib Aset Tommy Soeharto Masih Abu-abu

ADVERTISEMENT

Dilelang Nggak Laku-laku, Nasib Aset Tommy Soeharto Masih Abu-abu

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 20 Jan 2023 16:17 WIB
Tommy Soeharto meluncurkan rest area 4.0 di Karawang, Jabar. Tommy Soeharto juga meninjau fasilitas rest area untuk truk ini.
Tommy Soeharto/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara (Satgas BLBI) masih mengkaji nasib aset PT Timor Putra Nasional (TPN) milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang telah disita negara. Aset tersebut sudah dilelang tiga kali tetapi selalu tak ada peminat (TAP).

"Sedang kita kaji langkah-langkah untuk menyelesaikan aset yang seperti Tommy," kata Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih Retno Mulyani dalam media briefing, Jumat (20/1/2023).

Wanita yang akrab disapa Ani itu menyebut penyelesaian sitaan aset BLBI tidak selalu lelang. Saat ini sedang dikaji kemungkinan-kemungkinan yang dianggap paling baik.

"Sebenarnya isunya kan tidak hanya Tommy Soeharto saja, tapi juga ada beberapa aset yang besar-besar yang tentunya sudah beberapa kali dilelang juga tidak ada peminat," ujarnya.

Sebagai informasi, nilai transaksi lelang sepanjang 2022 sebesar Rp 35,23 triliun. Di antaranya ada hasil lelang yang berasal dari Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) termasuk aset BLBI Rp 1,3 miliar. Diakui bahwa aset yang memiliki nilai limit besar seperti milik Tommy Soeharto belum laku-laku.

"Memang untuk BLBI nih yang besar-besar belum bisa laku nih, masih kita upayakan," ucap Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, aset Tommy Soeharto disita karena tidak ada itikad baik darinya untuk melunasi utang BLBI yang diterima di masa lalu. Oleh karena itu, lelang aset dilakukan untuk menyelesaikan utang BLBI.

Tommy Soeharto tercatat masih berutang kepada negara sebesar Rp 2.612.287.348.912,95 atau Rp 2,61 triliun. Penagihan kewajiban berasal dari kredit beberapa bank.

Aset Tommy Soeharto yang Tak Laku-laku Dilelang:

a. Sebidang Tanah SHGB No.3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing
b. Sebidang Tanah SHGB No.4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing
c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka
d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip



Simak Video "Tommy Soeharto Akan Lawan Satgas BLBI, Mahfud: Silakan Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT