Meikarta Mangkir, DPR Bakal Panggil Bos Lippo James Riady

ADVERTISEMENT

Meikarta Mangkir, DPR Bakal Panggil Bos Lippo James Riady

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 15:49 WIB
CEO Lippo Group James Riady tiba di gedung KPK. Ia hadir untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap proyek Meikarta yang melibatkan jajaran Pemkab Bekasi.
Bos LIppo Group James Riady/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Meikarta PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) mangkir dari panggilan komisi VI DPR RI. Langkah selanjutnya, DPR mau memanggil Bos Lippo Group James Riady.

"Pimpinan saya usulkan bukan Meikarta lagi yang dipanggil, tapi langsung pemilik perusahaan Keluarga (James) Riady harus kita undang," anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade di Gedung DPR Rabu (25/1/2023).

Rencananya pemanggilan akan dilakukan pada tanggal 13 Februari 2023. "Karena agenda padat kemungkinan tanggal 13 Februari," ujarnya.

Menurut Andre, manajemen Meikarta hanya berperan sebagai pegawai. Sementara pengambilan keputusan, menurut Andre ada di tangan keluarga besar James Riady.

"Manajemen Meikarta kan pegawai. Kita undang saja konglomerasinya langsung, karena diduga yang ambil keputrusan keluarga besar itu, bukan lagi pegawai-pegawainya di PT MSU," jelas Andre.

Ia juga mengusulkan adanya rapat gabungan komisi VI, III, dan komisi XII. Jika pihak Meikarta tidak juga kooperatif ia mengusulkan adanya pansus.

"Ini bentuk penzaliman luar biasa. Bayangkan konsumen beli, cicil, dan menuntut hak mereka malah dituntut balik. Artinya ada intimidasi dari oligarki," imbuhnya.

Sebelumnya DPR memanggil PT MSU terkait gugatan Rp 56 miliar ke konsumen Meikarta. Gugatan dilayangkan terkait tuduhan pencemaran nama baik.

Lihat juga video 'Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Eks Presdir Lippo soal Meikarta':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT