Pesan Penting buat ASN Biar Nggak Stres Saat Dipindah ke IKN

ADVERTISEMENT

Pesan Penting buat ASN Biar Nggak Stres Saat Dipindah ke IKN

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 23 Feb 2023 23:00 WIB
Jakarta -

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga menyampaikan pesan buat ASN yang dipindah tugas ke IKN Nusantara. Diberitakan sebelumnya sekitar 16.990 personel ASN dan aparat Hankam (pertahanan dan keamanan) akan dipindah ke IKN pada 2024.

Dia mengingatkan para ASN yang dipindah tugas ke IKN Nusantara untuk menjalankan tugas bertanya alasan dipindahkan.

"Itu kan tugas. Saya dulu terima SK boro-boro tanya, di mana tugas?. Ya sudah saya laksanakan, nggak tanya kenapa dan sebagainya," katanya dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (23/2/2023).

Danis mengatakan, ASN yang pindah ke IKN datang dari latar belakang yang bermacam-macam, dan harus mematuhi aturan yang berlaku di lokasi.

"Nggak bisa yang senang dugem tiba-tiba malamnya cari tempat dugem, kalau belum ada terus mau pulang," ujarnya.

Selain itu, perlu mempersiapkan mental dan fisik penghuni IKN. Menurutnya, hal yang perlu dimiliki oleh ASN adalah komitmen.

"Harus dipersiapkan mental fisik juga, ini pola pikir. Jangan harapkan seperti katakanlah di Jakarta, nggak bisa. Saya sangat sependapat bahwa memang harus disiapkan, terutama komitmen," terang Danis.

Danis menambahkan, dari 50 ASN yang sudah dikirim ke IKN, pihaknya tidak menerima satu pun komplain. Mereka dinilai mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan IKN tahap satu periode 2022-2025. Di tahap pertama ini, infrastruktur dasar terus dibangun, termasuk air baku, jalan, jembatan, sanitasi, untuk mendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

KIPP merupakan lokasi tempat tinggal IKN. Pemerintah telah menyiapkan hunian bagi ASN berupa rumah susun yang mulai dibangun pada Juni 2023.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT