img_list
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Mei 2014 11:20 WIB

Perbandingan Risiko dan Keuntungan Investasi Saham

- detikFinance
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca Ajeng Gama Rosyida: Saya mau tanya kalau misalnya saya mau bikin tulisan tentang perbandingan resiko dan return dalam 5 tahun, lalu dari mana kita bisa dapat data harga saham, probabilitas, dan dividennya?

Soalnya kalau saya lihat harga saham itu kan berubah-ubah tiap waktunya. Lalu kita pakai yang mana?

Terima kasih sebelumnya.

Jawaban:
Kepada Mbak Ajeng,

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertama-tama saya hendak menyamakan persepsi dulu dengan apa yang dimaksud “Perbandingan Risiko dan Return”. Dalam trading biasanya yang dimaksud return adalah potensi kenaikan harga saham dan resiko adalah potensi penurunan harga saham.

Sebagai contoh kita ambil saham Semen Indonesia (SMGR). Katakanlah setelah kita melakukan analisa (entah fundamental atau pun teknikal), kita menargetkan harga saham SMGR dapat naik hingga ke level Rp 17.550 per lembar, sehingga jika kita membandingkan dengan harga terakhir SMGR Rp 15.600 per lembar (harga tanggal 12/5) terdapat upside potential gain sebesar 12.5%.

Namun jika ternyata analisa kita keliru, harga saham SMGR dapat turun ke level Rp 14.650 per lemvbar sehingga terdapat downside potential loss sebesar 6,1%. Sehingga jika kita hendak membeli saham SMGR terdapat perbandingan return-to-risk ratio 2x (12,5%/6,1%). Saran saya adalah cari saham yang return-to-risk ratio-nya minimal 3x.

Untuk mencari data historical pergerakan harga saham pertama tama dapat dilihat di Annual Report yang diterbitkan emiten. Biasanya dalam Annual Report terdapat data pergerakan harga saham di tahun yang bersangkutan. Data terkait Dividen juga ada di Annual Report. Bisa juga dilihat di portal Yahoo!Finance dengan memasukan ticker saham dengan akhiran “JK” (Contoh: SMGR.JK) di bagian Quote Lookup.

Semoga menjawab dan sukses untuk tulisannya.

(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com