Ada Uang Lebih Rp 500 Ribu/Bulan, Simpan di Reksa Dana atau Saham?

- detikFinance
Selasa, 11 Nov 2014 07:35 WIB
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Hai nama saya David umur saya saat ini 22 tahun. Saya sedang bingung ingin menginvestasikan uang saya setiap bulan sekitar Rp 500 ribu.

Saya masih bingung untuk menginvestasikan uang saya itu ke produk investasi saham atau atau produk investasi reksa dana saham. Sebetulnya saya menginginkan produk investasi itu berjangka menengah dan berjangka panjang untuk jangka waktu 5-10 tahun untuk yang menengah dan 10-20 tahun untuk yang berjangka panjang.

Mohon bantuannya untuk pemecahan masalah saya ini. Terima kasih.

Jawaban:
Kepada Pak David yang sedang bingung, saran saya sangat sederhana. Berinvestasi lah ke sesuatu yang Pak David mengerti. Prinsip dasar investasi sama seperti prinsip hidup secara umum, lakukan sesuatu yang kita telah mengerti. Jika belum mengerti ya belajar dulu sampai mengerti baru lakukan.

Apakah sebaiknya investasi di saham atau reksa dana saham? Tergantung keterampilan Pak David untuk investasi di saham atau reksa dana saham. Jika Pak David sudah menguasai teknik berinvestasi di saham secara langsung (baik trading atau long-term investor) maka sebaiknya Pak David investasi di saham.

Namun sebaliknya jika belum 'pede' terjun langsung di saham ya sebaiknya investasi di reksa dana saham. Biar para fund manager yang mengelola.

Jika memutuskan untuk berinvestasi di reksa dana, maka saya sarankan masuk ke reksa dana campuran untuk investasi jangka waktu 5 hingga 10 tahun ,dan yang untuk jangka waktu 10 hingga 20 tahun saya sarankan di reksa dana saham.

Semoga setelah membaca jawaban saya ini hilang sudah kebingunan Pak David. Salam investasi.

(dnl/dnl)