d'Preneur Franchise

Cerita Bos Baba Rafi Pinjam Rp 4 Juta ke Adik untuk Modal Usaha Kebab

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2016 20:48 WIB
Foto: Angga Aliya ZRF
Jakarta - Dalam memulai bisnis, modal kerap menjadi masalah utama. Namun, dana awal alias modal bukan menjadi kendala karena ada berbagai alternatif pembiayaan, mulai dari pinjaman bank hingga pinjaman kerabat.

Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Setiono, berbagi kisahnya dalam membuka gerai pertama Kebab Turki Baba Rafi 13 tahun lalu. Hendy memulai bisnis kebabnya dengan meminjam uang Rp 4 juta dari adiknya.

Uang itu dipakai sebagai modal untuk memulai bisnis kebab.

"Itu Rp 4 juta saya pinjam dari adik saya. Adik saya nanya kapan dibalikin, doain aja supaya lancar," kata Hendy dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Rabu (30/11/2016).

Ide merintis bisnis kebab berawal dari kegemarannya makan dan jalan-jalan. Suatu waktu saat ia masih menjadi mahasiswa di usia 19 tahun, Hendy sempat melancong ke Qatar untuk menemui sang ayah yang bekerja di perusahaan minyak di sana.

"19 tahun pasti terbatas modal, kemampuan terbatas. Saya mulai dari yang saya senangi saja karena hobi makan dan jalan-jalan," kata Hendy.

Hingga pada akhirnya di 2003, hendy resmi memulai bisnis kebabnya dengan membuka satu gerai. Di tahun pertama bisnisnya, Hendy sudah membuka 6 cabang dengan gerobak yang dikelolanya sendiri.

"Buka di Indonesia 2003 dan buka gerai pertama. Dua bulan berikutnya tambah satu dan pada tahun pertama ada 6 cabang gerobak milik sendiri," tutur Hendy. (hns/hns)