d'Preneur Franchise

Mau Buka Usaha Tapi Tak Punya Modal? Simak Cara Ini

Muhammad Idris - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2016 21:07 WIB
Foto: Angga Aliya ZRF
Jakarta - Masalah modal bisa jadi merupakan hambatan paling sering ditemui wirausahawan pemula yang baru akan memulai bisnis. Dengan bisnis masih baru, sulit baginya untuk mengakses pinjaman ke perbankan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UMKM, Agus Muharam, menyebut mulai tahun depan sudah ada skema peminjaman untuk wirausaha pemula individu 4,5% sementara untuk koperasi bunganya hanya 8% atau lebih rendah dibandingkan bunga bank.

"Kalau belum mulai usaha sama sekali, bisa pinjam ke LPDP dengan bunga 4,5%. Tapi syaratnya harus ada afiliasi yang menjaminkan, misalnya anda sudah punya gedung, Alfamart atau Baba Rafi jadi penjamin. Itu bisa pinjam sampai minimum Rp 200 juta," ujar Agus di acara d'Preneur, Lotte Shoping Avenue, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dia melanjutkan, pemerintah juga akan segera merilis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikhususkan untuk orang yang baru merintis usaha. Namun kredit bagi yang belum sama sekali memiliki usaha ini masih dibahas.

Sementara, bagi pelaku usaha yang sudah membuka usaha paling sedikit 2 tahun, pemerintah juga menyiapkan kredit berbunga 4,5% dengan pinjaman antara Rp 25 juta sampai Rp 100 juta.

"Kalau sudah mulai usaha 2 tahun. Bisa akses dari lembaga pengelola dana bergulir yang tempatnya di Jalan MT Haryono, bunganya hanya 4,5%," ungkap Agus. (dna/dna)