d'Preneur Franchise

Ini Tips dari Bos Baba Rafi Agar Tak Salah Pilih Bisnis Waralaba

Michael Agustinus - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2016 21:57 WIB
Foto: Angga Aliya ZRF
Jakarta - Ada banyak merek franchise yang bisa jadi pilihan. Tapi bagi yang ingin berbisnis franchise, jangan sampai salah pilih. Jangan pilih bisnis franchise yang cuma 'usaha musiman'.

Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Setiono, memberikan beberapa tips memilih bisnis franchise dalam acara dPreneur yang bertemakan 'Resep Sukses Berbisnis Franchise' di Ice Palace, Ciputra World, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Pertama, sering-sering lah datang ke pameran franchise. Setidaknya ada 3 pameran franchise besar yang diadakan setiap tahun. Di pameran itu, calon franchisee bisa membandingkan berbagai merek franchise.

Bandingkan potensi bisnis, jumlah gerai, rekam jejak setiap merek franchise.

"Rekomendasi saya, datang ke pameran-pameran franchise. Setahun kira-kira 3-4 pameran besar. Bandingkan satu sama lain, potensi bisnisnya, jumlah cabang, track record, dan sebagainya," kata Hendy.

Kedua, pilih merek franchise yang sudah bertahan lebih dari 4 tahun. Hendy menjelaskan, sebuah usaha memasuki masa krusial di tahun ke-4. Jika usaha tersebut bisa melalui tahun ke-4 dengan mulus, biasanya cenderung bisa berkelanjutan.

Usaha yang belum sampai 4 tahun masih belum melewati masa krusial itu, kurang teruji keberlanjutannya. "Kenapa harus 4 tahun? Itu masa krusial. Kalau sudah lewat 4 tahun, kecenderungannya lebih sustainable, bukan musiman lagi," ujarnya.

Ketiga, berbisnis harus sesuai dengan minat pribadi. Misalkan calon franchisee punya hobi memasak, alangkah baiknya berbisnis franchise kuliner. Kalau punya minat di bidang edukasi, mungkin cocok berbisnis franchise bimbingan belajar. Jika bisnis sesuai dengan minat pribadi, tentu lebih nyaman untuk dijalankan.

"Cari yang sesuai dengan minat dan bidang kita. Kalau suka edukasi, bisa bisnis pendidikan. Hobi belanja, bisa bisnis minimarket. Jadikan bisnis seperti hobi," tandasnya. (hns/hns)