Follow detikFinance
Senin, 05 Des 2016 06:39 WIB

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Usaha

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Saat ini menjadi seorang pengusaha banyak diminati, karena melihat kesuksesan orang-orang yang menjadi pengusaha kaya. Namun untuk menjadi pengusaha, Anda harus siap bekerja keras dan mental yang kuat untuk menjadi pengusaha yang berhasil.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, persiapkan 5 hal ini:

1. Pemilihan jenis usaha yang tepat
Sebelum memulai usaha pada biasanya pemulai usaha akan berpikir mengenai jenis usaha apa yang akan dijalankan, hal ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Jangan terburu-buru dalam memutuskan jenis usaha tanpa ada analisa yang matang, maka akan jadi sia-sia setelah usaha berjalan.

2. Pemilihan nama usaha yang tepat
Pemilihan nama usaha juga termasuk hal yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis. Agar mudah diingat oleh pelanggan, carilah nama merek usaha yang unik dan mudah diingat pelanggan. Nama yang unik dan disesuaikan juga dengan produknya, karena jika nama mereknya unik tapi produknya tidak sesuai maka akan mudah di tinggal pelanggan.

3. Pemilihan Mitra/Partner usaha yang tepat
Partner yang baik dan jujur akan membawa usaha anda maju dan sukses. Oleh karena itu perlu selektif dalam memilih mitra usaha. Partner tidak harus teman, saudara atau keluarga, partner bisa siapa saja yang penting punya kepribadian yang jujur, terbuka dan komitmen untuk memajukan usaha yang dijalankan bersama-sama. Bila dimungkinkan buatlah perjanjian hitam di atas putih untuk pembagian hasil usaha agar jelas dan transparan.

4. Pemilihan lokasi yang tepat
Pastikan usaha yang Anda jalankan lokasinya strategis. Jangan sampai lokasi yang Anda pilih kurang ramai dan tidak strategis. Sebagai contoh untuk membuka usaha percetakan biasanya di posisi dekat dengan kampus dan ruko perkantoran, untuk membuka rumah makan posisikan berada di area strategis di pinggir jalan yang ramai atau di area khusus rumah makan, membuka distro pakaian usahakan di lokasi dekat dengan pasar dan tempat wisata.

5. Perhitungan yang matang dan modal yang cukup
Hal ini penting untuk menentukan harga jual dari produk yang akan dijual. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima, hal ini sangat mungkin akan tutupnya suatu bidang usaha.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika ingin membuka sebuah usaha. Cermati dan jangan sampai Anda salah dalam mengambil langkah yang bisa berakibat buruk pada usaha Anda kelak.

Hasil Intisari Pemikiran Dan Praktik Saya Selama 20 Tahun. Dari Biasa Saja Menjadi Hingga DAHSYAT.

Ikuti Pelatihan 12 Ilmu Penting Dalam Kehidupan "University Of Life" senilai Rp 997.000. Program Khusus Dan Gratis Hanya Untuk Pembaca detikFinance Hari Ini, Terbatas Untuk 100 Orang Pedaftar Pertama. Klik di Sini Untuk Daftar Sekarang! (wdl/wdl)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed