d'Preneur Tutup Tahun

Target Pertumbuhan Ekonomi RI 5%, Ini Kata Sri Mulyani

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 21 Des 2016 20:45 WIB
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Pemerintah menargetkan ekonomi di 2017 bisa tumbuh di angka 5%. Jika dibandingkan dengan kondisi ekonomi dunia yang melambat, target pertumbuhan itu tergolong lebih baik.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan perbandingan tersebut menunjukkan adanya harapan untuk Indonesia bisa tumbuh lebih baik.

"Kalau Indonesia sekarang tumbuh 5%. Ada banyak yang tanya, kok cuma 5%? Tapi itu tandanya bagus. Artinya kita nggak pernah puas. Kita ingin membandingkan dengan yang lebih baik," kata Sri Mulyani dalam acara d'preneur Anak Muda dan Prospek Ekonomi 2017 di ICE Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

"Tapi environment globalnya tidak mudah. Ekonomi terus melemah di dunia," tambah Sri Mulyani.

Penopang pertumbuhan ekonomi diharapkan lebih banyak bersumber dari sisi konsumsi. Sebab, saat ini, sektor komoditas sulit diharapkan lantaran harganya melemah.

"Jadi kalau bisa tumbuh 5%, it is not bad at all. Kalau Indonesia bisa tumbuh, perekonomian besar membutuhkan masyarakat yang harus punya kesempatan kerja. Ini adalah suatu prasyarat bagi kita menjaga ekonomi kita," pungkasnya. (hns/hns)