d'Preneur Tutup Tahun

Cara Menggenjot Pertumbuhan Ekonomi Versi Sri Mulyani

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Rabu, 21 Des 2016 20:50 WIB
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tengah tumbuh melambat. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dinilai masih lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani punya cara jitu untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi agar tumbuh lebih tinggi.

"Faktor domestik bisa menjaga pertumbuhan untuk bisa lebih tinggi," ujarnya dalam acara d'Preneur 'Anak Muda & Prospek Pertumbuhan Ekonomi 2017', di ICE Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Rabu (21/12/3016).

Sri Mulyani menyebutkan, untuk bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi lebih tinggi adalah dengan menggenjot sektor domestik, yaitu investasi, belanja pemerintah, dan konsumsi.

"Untuk menggenjot ekonomi tinggi bagaimana membuat domestik lebih baik seperti investment, government spending dan consumption," sebut dia.

Dengan begitu, bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi sehingga bisa menciptakan lapangan.pekerjaan.

"Sehingga bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi dan juga kesempatan kerja," jelas dia.

Di sisi lain, pemerintah juga perlu memberi perhatian khusus untuk memberantas kemiskinan.

"Kita harus care kepada yang miskin. Orang miskin bisa terangkat melalui social care seperti membayar zakat, membayar pajak. Itu untuk mengangkat kelompok miskin," ucap dia.

"Jadi supaya jangan kemiskinan berlanjut ke generasi yang akan datang. Intervensi pemerintah itu penting," pungkasnya. (drk/dna)