Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Des 2016 22:18 WIB

d'Preneur Tutup Tahun

Tips Bos Tokopedia Hadapi Persaingan e-Commerce di 2017

Yulida Medistiara - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tahun 2017 diramalkan akan ada banyak perusahaan e-commerce dunia yang masuk dan bersaing di Indonesia. Sementara itu, untuk pengusaha lokal, serangan tersebut merupakan 'ancaman' untuk bersaing dengan negara lain.

Menurut CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, untuk dapat bersaing dengan perusahaan e-commerce, pengusaha lokal dapat melakukan inovasi terus menerus. Ia menyebut kekuatan yang harus dibangun dari suatu produk adalah pelayanan kepada pelanggan dan nilai tambah atau kualitas yang lebih baik daripada milik orang lain.

"Jika pelayanan tidak baik, konsumer bisa berpindah ke layanan perusahaan berikutnya, maka kita harus berfokus pada inovasi bagaimana bisa memberikan value kepada pelanggan," kata William, di ICE Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

Dia menyebut dengan adanya internet seharusnya setiap pengusaha dapat menghadapi persaingan dengan inovasi. Bahkan, dia mencontohkan bagaimana perusahaan search engine Google dapat menyaingi Yahoo yang saat itu menguasai pasar dengan modal semangat dan percaya pada cita-cita.

"Kalau kita bisnis teknologi di hari pertama, internet itu harus siap menghadapi persaingan global. Tim kita itu generasi saling beruntung di era internet karena di era internet orang punya sama kesempatan. Kalau perusahaan raksasa seperti Google mereka itu penentang status quo yang saat mereka berdiri sudah ada Yahoo tapi mereka itu percaya dan akhirnya seperti sekarang," imbuhnya. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com