Follow detikFinance
Minggu 04 Feb 2018, 10:25 WIB

Cerita Bisnis Desiree, Pelukis Sepatu Menteri Susi

Danang Sugianto - detikFinance
Cerita Bisnis Desiree, Pelukis Sepatu Menteri Susi Foto: Istimewa (Desiree)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan sepatu berlukiskan dirinya yang sedang menyeruput kopi di atas kano. Sepatu tersebut merupakan hadiah dan bentuk apresiasi dari jasa lukis objek yang bernama Deelukis.

Deelukis sendiri didirikan oleh Desiree Sitompul yang merupakan pelukis kanvas. Dia sendiri tak menyangka bisa memiliki bisnis jasa lukis di atas berbagai media.

Cerita Bisnis Desiree, Pelukis Sepatu Menteri SusiFoto: Istimewa (Desiree)

Awak mula dia mendirikan bisnisnya ketika anaknya yang merupakan musisi kenamaan Bams hendak meluncurkan single yang berjudul Solo. Saat itu Bams meminta ibunya untuk melukis di sepatu, baju hingga gitar yang dia pakai saat peluncuran singlenya itu pada Mei 2017.

Semenjak saat itu, banyak dari teman-teman Bams dan kerabatnya yang tertarik. Melihat ada peluang bisnis, lantas Desiree membuka jasa lukis berbagai media melalui Instagram tanpa modal.

"Saya tadinya hanya melukis di kanvas sekarang semua objek, baju, tas, sepatu sampai koper. Teman-teman saya sampai meledek kamu bajaj lewat dilukis," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Minggu (28/1/2018).

Sejak saat itu Deelukis mulai dikenal. Desiree pun mulai menerima segala macam jasa lukis objek. Tarifnya beragam mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 juta, tergantung dari besaran lukisannya.

"Objeknya makin kecil makin murah," tambahnya.

Cara memesannya, cukup dengan mengirimkan gambar yang dikehendaki dan produk yang akan menjadi objek lukisnya. Khusunya untuk sepatu Desiree menyediakannya.

"Kita ada sepatu Vans, PRO-Keds dan Muji. Kalau mau bawa sendiri juga bisa, tapi bahan kanvas atau kulit," tuturnya.

Bahan cat yang digunakan adalah cat akrilik tekstil waterproof. Sehingga hasil lukisnya tidak akan luntur.

Cerita Bisnis Desiree, Pelukis Sepatu Menteri SusiFoto: Istimewa (Desiree)

Untuk waktu pengerjaannya sekitar 7-10 hari. Sebab Desiree ini hasil lukisnya maksimal.

Desiree mengaku rata-rata perbulannya bisa mendapatkan sekitar 10-20 pesanan tiap bulannya. Biasanya dia kebanjiran pesanan ketika Natal dan Tahun Baru.

Cerita Bisnis Desiree, Pelukis Sepatu Menteri SusiFoto: Istimewa (Desiree)

Namun seluruh pesanan dia kerjakan seorang diri. Sebab jasanya itu merupakan hasil seni, akan berbeda jika juga dikerjakan orang lain.

Ke depan dia berniat untuk membuka kelas bagi mereka yang ingin belajar melukis di atas berbagai objek. Sebab hingga saat ini cukup banyak pelanggannya yang minta diajari. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed