Follow detikFinance
Senin, 30 Jul 2018 07:42 WIB

Bikin Cangkir 'Melayang', Wanita Ini Raup Omzet Belasan Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok: Instagram @falastine_craft Foto: Dok: Instagram @falastine_craft
Jakarta - Bermodal kreativitas, benda yang biasa ditemui sehari-hari bisa mendatangkan omzet hingga belasan juta rupiah. Seperti dilakukan Wiwin Trisma, membuat produk hiasan cangkir melayang.

Ide tersebut muncul saat Wiwin 'berselancar' di internet, mulai dari YouTube hingga Pinterest. Dari sana dia memperoleh ide.

"Inspirasinya memang dari awal saya hobi bikin sesuatu yang unik, suka bikin kreasi aneh aneh. Lihat lihat di YouTube, di Pinterest, itu kan banyak ide ide kreatif muncul di situ. Tinggal kita kembangin saja," kata Wiwin saat dihubungi detikFinance pekan ini.

Hiasan cangkir melayangHiasan cangkir melayang Foto: Dok: Instagram @falastine_craft

Dari ide-ide yang dikumpulkannya, Wiwin berhasil menciptakan kreasi yang unik dan disukai konsumen. Dinamai floating tea cup, produk yang dia hasilkan berupa cangkir yang terlihat seolah melayang dan menumpahkan sesuatu. Menariknya, yang tumpah bukan air, melainkan bunga bunga.

Tak dikombinasi dengan bunga. Ada beragam variasi cangkir melayang yang diproduksinya, mulai dari karakter animasi seperti Doraemon hingga buah-buahan.

"Iya memang karena uniknya di situ, yang bikin unik, menarik itu, cangkir bisa berdiri kayak air terjun, yang terjun itu bukan air tapi bunga bunga, seakan akan bunganya tumpah, bukan keluar air, bukan kopi, tapi keluarnya bunga. Uniknya di situ," terang Wiwin.

Hiasan cangkir melayangHiasan cangkir melayang Foto: Dok: Instagram @falastine_craft

Dia mengatakan awal mula merintis usaha yang diberi nama Falastine Craft itu, modal yang dia keluarkan hanya Rp 100 ribu.

"Modal awalnya sih Rp 100 ribu karena belanja bunganya saja. Kalau untuk cangkir dan garpu itu kan bisa kita ambil yang ada di rumah. Kan setiap rumah kan ada cangkir, ada garpu, kan pasti ada barang barang yang ada di rumah saja kita manfaatin," jelasnya.

Saat ini bisnis tersebut sudah berjalan 2 tahun, tepatnya sejak November 2016. Hingga di 2 tahun pertamanya, Wiwin berhasil mengantongi omzet hingga Rp 15 juta.

"Omzetnya sebulan itu bisa Rp 10 juta- Rp 15 juta, karena produk Falastine Craft sendiri tidak hanya cangkir. Jadi macam macam, ada hiasan pintu, ada talenan, ada rangkaian bunga, ada buket. Jadi banyak tidak spesifik cangkir. Tapi spesialisnya memang berawal dari cangkir terbang itu tadi. Jadi berkembang," ujarnya.

Omzet yang diperolehnya didapat dari produk-produk yang dia jual dari kisaran Rp 35.000 hingga Rp 185.000. Untuk cangkir harganya Rp 135.000- Rp 185 ribu. Untuk hiasan pintu Rp 85.000-Rp 200 ribu. Pernak pernik seperti vas bunga kecil, Rp 45.000, tempelan kulkas sekitar Rp 35.000

Khusus untuk cangkir, dalam sehari dia bisa memproduksi 2 hingga 5 item, dan dalam sebulan bisa 75 sampai 100 item. Produk produk tersebut murni hanya dikerjakan olehnya. Hal itu karena terbatasnya SDM yang bisa mengerjakan kreasi tersebut.

"Untuk saat ini memang kesulitannya di SDM ya, karena untuk punya ide kan orang kalau nggak bakat, sama deh orang nggak bakat masak disuruh masak kan nggak jadi gitu kan. Sama, ini orang kalau nggak hobi, nggak bakat bikin kreasi dikasih diajarin tetap saja susah," lanjutnya.

Hiasan cangkir melayangHiasan cangkir melayang Foto: Dok: Instagram @falastine_craft

Wiwin pun mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya memiliki bisnis beromzet belasan juta rupiah. Namun bukan berarti dia mendapatkan itu secara instan.

Dia menceritakan bagaimana suka duka selama 2 tahun menggeluti bisnisnya.

"Ya awal awal dulu sih memang sering dapat komplain barang yang diterima itu pecah, yang diterima itu copot karena mungkin ketindih, ketekan, tetap konsekuensinya kami ganti," tuturnya.

Dia berharap, produk yang mayoritas digemari ibu ibu muda dan remaja putri ini suatu saat bisa membuka kesempatan kerja bagi masyarakat, serta memberi inspirasi.

"Harapannya pengen buka lapangan pekerjaan yang lebih luas ya. Jadi untuk mengurangi pengangguran masyarakat Indonesia. Walaupun memang susah ya kendala kita di SDM. Terus kedua bisa memberi inspirasi, motivasi buat orang orang yang ingin belajar bisnis," tambahnya.

Untuk membeli produk dari Falastine Craft, calon konsumen bisa mengunjungi laman Instagram dengan nama akun @falastine_craft. Saat ini produknya hanya dijual lewat Instagram.

(hns/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed