Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Okt 2018 19:57 WIB

Berburu Biji Kopi Berkualitas di Jakarta

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Seiring perkembangan zaman, para pebisnis kopi sekarang semakin dimudahkan untuk mendapatkan biji kopi berkualitas. Tak perlu lagi jauh-jauh datang ke petani kopi untuk mendapat kualitas biji kopi terbaik, tapi bisa datang ke rumah roasting.

Rumah roasting bisanya menyediakan produk biji kopi pilihan yang sudah disangrai dan dikemas, sehingga calon pebisnis pemula bisa mendapat biji kopi berkualitas tanpa perlu terjun langsung ke petani.

Di Jakarta, ada banyak rumah roasting atau roastery alias tempat memanggang kopi yang setiap hari menghasilkan kopi segar yang baru saja 'matang'.

Berikut hasil penelusuran detikFinance.

1. Tanamera Coffee

Tanamera Coffee sudah punya nama cukup santer di dunia industri kopi tanah air. Berdiri sejak 2013, Tanamera terbilang sukses menjadi coffee shop yang mengolah kopinya sendiri.

Kini Tanamera bukan hanya ada di Jakarta saja tapi ada di Yogyakarta, Surabaya, Makassar hingga Bali.

Mesin roasting Tanamera juga terbilang canggih dan berkapasitas besar jadi mumpuni mengolah kopi sekaligus dalam jumlah banyak.

Biji kopi yang biasa dipanggang adalah kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Setiap biji kopi yang dipanggang mendapat penanganan oleh ahlinya. Nantinya setelah biji sudah matang, akan didistribusikan ke coffee shop Tanamera atau dijual ke pelanggan. Pencinta kopi bisa membeli kopi hampir di semua cabang coffee shop Tanamera.

"Kami ada 9 varian biji kopi yang kami dapat dari ujung barat hingga timur Indonesia," ujar Supervisor Tanamera Coffe Thamrin City, Rizky kepada detikFinance belum lama ini.

Berburu Biji Kopi Berkualitas di JakartaFoto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance


2. Crematology

Kopi-kopi yang tersaji di Crematology juga adalah hasil self roasting coffee shop ini.

Kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia dipanggang sendiri di dapur roasting Crematology.

Karena diolah sendiri, coffee shop ini menjamin setiap kopi yang diseduh hanyalah kopi segar yang baru diroasting. Selain bisa menikmati kopi nikmat, pembeli juga bisa membawa pulang kopi favorit dalam bentuk biji maupun bubuk.

Selain untuk disajikan di coffee shop ini, Crematology juga kerap diandalkan coffee shop kecil untuk memanggang biji kopinya.

3. Anomali Coffee and Roastery

Anomali Coffee biasa meroasting kopi dalam jumlah banyak. Selain sebagai bahan baku di kedainya, kopi Anomali juga dijual bebas di pasaran.

Mesin-mesin roasting di Anomali selalu bekerja setiap hari memanggang green bean hingga menjadi kopi siap olah. Anomali memanggang kopi dari seluruh Nusantara mulai dari Aceh hingga Papua.

Teknik roasting yang diterapkan pada biji kopi juga bervarian mulai dari honey, semi wash, wash hingga natural. Teknik ini menghasilkan kopi dengan karakter rasa yang berbeda.

4. Gerilya Coffee and Roastery

Memiliki mesin roasting sendiri membuat coffee shop ini menjamin kenikmatan setiap kopi yang disajikan kepada pelanggan. Coffee shop yang ada di bilangan Fatmawati Jakarta Selatan ini juga menjual biji kopi yang baru saja diroasting.

Bukan hanya mengandalkan biji kopi segar dari distributor, coffee shop ini terkadang mendatangi langsung kebun kopi demi mendapatkan kopi berkualitas dari petani lokal. Inilah yang membuat kadang Gerilya menyajikan kopi yang taak banyak di pasaran.

5. Smoking Barrel

Tempat roasting yang satu ini berlokasi di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Kopi-kopi nikmat yang baru saja diroasting bisa dicicip di coffee shopnya. Dan jangan takut kalau ketagihan karena Anda bisa membeli biji kopi juga di sini.

Smoking Barrel secara rutin me-roasting biji-biji kopi lokal Indonesia. Kalau tak bisa datang ke coffee shopnya, Anda bisa membeli secara online. Smoking Barrel bahkan menerima pesanan untuk dikirim ke berbagai daerah bahkan luar negeri. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed