Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Okt 2018 22:10 WIB

Berapa Modal Awal Bisnis Kopi?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Jakarta - Tingkat konsumsi kopi dan tren jumlah penikmat kopi yang terus meningkat membuat bisnis ini sangat prospektif. Berapa sih modalnya?

Pertengahan tahun lalu, detikFinance sempat berbincang dengan Owner Kiwari Coffee Bandung, Irfan Rahadian Sudiyana.

"Modal itu kan tergantung. Kalau bisnis kopi itu sebenarnya modalnya cuma 2, kopi dan air (panas) saja. Kalau mau pakai alat racik manual yang sederhana, asal sudah ada tempatnya modal Rp 1 juta pun cukup untuk beli alatnya dan bahan baku," kata Irfan.


Menurutnya, pengalaman banyak pemula yang membuka bisnis warung kopi dengan modal cekak pun bisa sukses.

"Kopi itu soal rasa, dengan alat sederhana, buat kopi jenis tubruk kalau banyak suka pasti laris," tuturnya.

Namun demikian, jika ingin merintis bisnis kopi dengan sarana peralatan yang lebih lengkap, setidaknya dibutuhkan modal Rp 5 juta, belum termasuk sewa tempat. Alat-alat tersebut seperti grinder, mesin penyeduh kopi otomatis, saringan, dan sebagainya.

"Kalau mau lengkap untuk alat-alatnya minimal Rp 5 juta. Kalau mau lebih lengkap lagi Rp 10 juta untuk modal, itu sudah lengkap sekali," ujar dia.

Terpisah, pelmilik Gratify Cafe, Fira mengatakan, sama dengan halnya bisnis kuliner lainnya, modal bukan segalanya.

"Kalau cuma sekadar punya uang dan modal lantas dipastikan sukses, orang bisa sukses dengan gampang dong," tutur Fira ditemui detikFinance di kedanya belum lama ini.


Wanita yang juga berpengalaman di bidang pastry alias panganan kue ini berpendapat. Selain modal, konsep memegang peranan penting dalam bisnis di sektor kuliner seperti kopi.

"Dari pertama kita harus memikirkan konsepnya. Apa yang membedakan kita dengan yang lain. Karena cafe banyak, lalu apa yang membedakan kita? Konsepnya," tandas dia. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed