Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 02 Feb 2019 20:15 WIB

Pria Ini Raup Cuan Bikin Foto Bergerak Buat Diunggah ke Instagram

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. Instagram @jasaeditfotobergerak. Foto: Dok. Instagram @jasaeditfotobergerak.
Jakarta - Di era serba digital ditambah lagi dengan kebiasaan masyarakat yang tidak bisa lepas dari gadget memiliki peluang yang besar untuk dimanfaatkan. Banyak media sosial dijadikan lapak jual beli berbagai jenis usaha.

Seperti yang dilakukan oleh Ade Octa Yudistira. Pria berusia 21 tahun memanfaatkan media sosial untuk meraih pundi-pundi rupiah.

Ade yang memiliki kemampuan mengedit foto menjadi bergerak pun langsung menawarkan jasanya tersebut di Instagram.

"Awalnya waktu saya lagi kumpul bersama teman akhir bulan Desember 2017, ada teman bilang boleh editin aku foto gerak," kata Ade saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (2/2/2019).


Setelah bersedia mengedit foto rekannya, Ade pun mengaku pada saat itu telah terpikir untuk menawarkan jasa edit foto bergerak untuk diunggah ke Instagram.

Meski hasil editan fotonya sangat menarik, namun menawarkan jasa di media sosial ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ade mengaku harus membuat akun baru dari nol.

Agar jasanya dikenal dan diikuti oleh banyak orang, maka Ade dengan giat promosi di kolom komentar akun Instagram artis-artis. Hasil kerja kerasnya pun berbuah hasil, tidak lama berselang banyak yang menghubungi dirinya karena tertarik dengan jasa tersebut.

"Dari itu aku promo-promo terus via komen di IG (Instagram) artis-artis pada malam hari dan pagi-paginya ada beberapa DM (direct message) masuk, nah di situ lha aku lobi-lobi untuk buat orang tertarik," kata Ade.

Pria Ini Raup Jutaan Rupiah Bikin Foto Gerak Buat InstagramFoto: Dok. Instagram @jasaeditfotobergerak.

Seiring waktu berjalan, Ade pun mengaku bahwa usaha jasa edit foto bergerak yang ditawarkan mendapat respons yang baik dan hasilnya pun lumayan.

Hasil yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan saat ia bekerja sebagai promotor atau sales salah satu perusahaan smartphone. Hampir dua tahun bekerja sebagai sales disudahi dan mulai menekuni usahanya sejak 2017.

"Jadi aku putusin pekerjaan tetap aku, dan aku hidup di tempat rantau hanya mengandalkan akun IG @jasaeditfotobergerak saja," ujar Ade.

Dari sisi pendapatan, Ade kini memiliki omzet per bulannya sekitar Rp 7 juta, angka ini pun hampir dua kali lipatnya dari gaji selama menjadi sales. Sehingga, dirinya menekuni jasa edit foto bergerak.


Untuk mencapai pada titik saat ini, Ade mengaku butuh perjuangan dan kerja keras. Pasalnya, setiap kali mempromosikan pada kolom komentar yang didapatkan hanya olok-olokan netizen maha benar.

Ade menjadi founder dari akun Instagram @jasaeditfotobergerak yang bidang usahanya mengedit foto yang bisa bergerak. Sebagai contoh, foto orang hanya terdiam namun latar belakangannya bergerak. Jika masih penasaran, silahkan cek langsung akun Instagram tersebut. (hek/ara)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com