Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mar 2019 12:35 WIB

102 UKM Jawa Tengah Pamerkan Produk Unggulan di Sragen

Raras Prawitaningrum - detikFinance
Foto: Raras Prawitaningrum/detikcom Foto: Raras Prawitaningrum/detikcom
Sragen - Kurang lebih 102 pelaku usaha di Jawa Tengah (Jateng) memamerkan produk unggulannya di Sragen. Mereka yang berasal dari berbagai kota di Jateng menampilkan produk di bidang kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan.

Festival UKM ini digagas oleh KAHMIPreneur dalam acara Sragen Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 yang digelar di Sasana Manggala Sukowati, Sragen, Minggu (24/3/2019).

"Kali ini di Sragen YES 2019 ada dua event. Pertama, Festival UKM. Ada 102 produk dari seluruh Jawa Tengah yang dipamerkan untuk meraih pangsa pasar besar. Kedua, forum sharing session dari para narasumber yang jadi pelaku utama di dunia kreatif dan figur utama Sandiaga yang komitmen dengan entrepreneur," ujar founder KAHMIPreneur, Kamrussamad, Minggu (24/3/2019).


Samad mengungkapkan Festival UKM yang termasuk rangkaian YES 2019 ini sangat diperlukan bagi para pelaku usaha daerah.

"Banyaknya aspirasi dari daerah sehingga harus ada event kolaborasi pelaku usaha dengan kaum milenial. Pelaku usaha yang punya produk bisa pamer UKM-nya," katanya.

Founder KAHMIPreneur KamrussamadFounder KAHMIPreneur Kamrussamad Foto: Raras Prawitaningrum/detikcom

Salah satu UKM yang meramaikan Festival UKM Sragen YES 2019 adalah Gethuk Presiden. Manager Gethuk Presiden, Indah Wahyuningsih (24) memamerkan produk unggulannya, yakni gethuk singkong aneka rasa di booth Pameran UKM Sragen Yes 2019.

"Ini makanan tradisional yang rasanya unik. Di Sragen nggak ada yang jual seperti ini. Gethuknya aneka rasa dari original, keju, cokelat, stroberi, dan ubi ungu. Kemasannya juga lebih modern, harganya murah Rp 15 ribu 1 boks," ujarnya saat ditemui di Pameran UKM Sragen YES 2019, Minggu (24/3/2019).

102 UKM Jawa Tengah Pamerkan Produk Unggulan di SragenFoto: Raras Prawitaningrum/detikcom

Usaha Gethuk Presiden sudah digeluti sejak tiga tahun lalu. Dengan modal awal Rp 12 juta, kini ia bisa meraup omzet Rp 100 juta per bulannya dengan memproduksi 200 kg singkong per hari. Ia mengaku senang bisa memamerkan produknya di Sragen YES 2019.


"Ini penting untuk pengenalan produk UKM. Apalagi acara ini didatangi banyak orang dari luar Sragen. Saya berterima kasih kepada panitia Sragen YES 2019 karena bisa mengenalkan produk ini karena kadang orang Sragen saja lupa atau tidak tahu punya usaha kuliner yang menarik," katanya.

Sragen YES 2019 turut dimeriahkan oleh Atta Halilintar dan Zee Zee Shahab yang akan bagi-bagi tips sukses berwirausaha. Acara yang dihadiri sekitar 10.000 milenial ini dipandu oleh Andre Taulany dan Chika Jessica serta ditutup dengan penampilan Cita Citata. (ega/zul)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed