Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 16:15 WIB

Jual Sandal Tali, Perempuan Ini Raup Omzet sampai Rp 50 Juta/Bulan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok. Jolysproject Foto: Dok. Jolysproject
Jakarta - Siapa sangka, berjualan sandal bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya? Hal ini seperti yang dialami oleh Endri Ani Agustina.

Gadis kelahiran tahun 1996 ini mengaku telah menggeluti bisnis ini sejak tahun 2017 kala duduk di bangku kuliah. Keputusannya untuk berbisnis didasari kesukaannya serta kebutuhan hidup.

"Awalnya kan waktu itu semester 7 kuliah dan mikir abis lulus mau ngapain dan mau ada penghasilan tetap jadi nggak nganggur, usaha ini juga untuk biayain aku. Akhirnya mau usaha dan aku suka tipikal bohemian gitu jadi buat sandal tali bohemian gitu," kata dia saat berbincang kepada detikFinance, Selasa (30/4/2019).

Mau tak mau, ia pun harus rela membagi waktu antara sekolah dan bisnisnya. Rasa lelah pun ia sering rasakan bahkan membuatnya terkadang ingin berhenti berbisnis.

"Aku kan waktu itu lagi laporan penelitian sempat down susah banget ya Allah skripsi telat. Tapi usaha ini juga kayak uang makan, hidupku kuliah jadi mesti jalanin," sambung dia.

Bisnis sandal taliBisnis sandal tali Foto: Dok. Jolysproject

Selain itu, ia juga sering mendapat nyinyiran dari teman-temannya akibat berbisnis sambil kuliah. Namun hal itu tak menjadi soal karena ia mau menjalani bisnis serta kuliahnya dengan fokus.

"Teman-teman bilang kamu skripsi jangan jualan saja, tapi mereka nggak tahu aku hidup dari jualan tapi nggak perlu dijelaskan kan," terang dia.

Akhirnya dengan bermodal uang pinjaman sebesar Rp 1 juta ia mampu membuktikan bisnisnya dapat sukses. Dalam waktu satu bulan ia sudah dapat balik modal. Bahkan saat ini, omzet yang diperoleh bisa mencapai Rp 50 juta per bulan.

"Pinjam uang Rp 1 juta itu dapat 20 pasang. Jualan pelan-pelan melalui posting di Instagram ya sudah ada balik modal sebulan. Kalau sekarang rata-rata jualan 1.000 pieces jadi omzet bisa Rp 50 juta per bulan kalau pendapatan bersih Rp 15 juta lah," terang dia.

Sandal bohemian miliknya didesain dan diproduksi olehnya sendiri. Hanya saja, untuk alas sandal ia ikut menggandeng pengerajin lokal sehingga harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

Bisnis sandal tali Bisnis sandal tali Foto: Dok. Jolysproject

Dari keberhasilannya berbisnis itu, teman-temannya pun merasa kagum dan turut serta membantunya. Ia pun mengaku kembali optimis menjadi seorang pebisnis.

"Akhirnya teman-teman dukung ayo skripsi saya bantuin, aku tak usaha dulu dan akhirnya skripsi 3 bulan selesai. Dan teman-teman yang ngerti, yang nyinyir wisudah barengan. Mereka nggak nyangka Endri sudah jadi entrepreneur," ungkapnya.

Adapun, sandal dijual melalui akun Instagram di @jolysproject dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 60.000 per pieces. (hns/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed