Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 14:30 WIB

Dibawa Pertamina ke Pameran di China, UKM Ini Dapat Orderan Rp 1,4 M

Akfa Nasrulhak - detikFinance
Foto: Pertamina Foto: Pertamina
Jakarta - Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Berdasarkan pusat data dan sistem informasi pertanian, Kementerian Pertanian, tercatat konsumsi kopi nasional sepanjang periode tahun 2016-2021 diprediksi mengalami peningkatan rata-rata 8,22% per tahun. Bahkan pada tahun 2021 diperkirakan pasokan kopi mencapai 795 ribu ton.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang cerdik memanfaatkan peluang tersebut adalah Teuku Dharul Bawadi. Lewat usaha Bawadi coffee, pria yang akrab disapa Bawadi ini sukses memasarkan kopi di level nasional bahkan ke mancanegara.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M. Roby Hervindo menjelaskan Bawadi Coffee merupakan mitra binaan melalui Program kemitraan (PK) Pertamina sejak tahun 2018.


"Program kemitraan Pertamina memberikan bantuan akses modal bergulir pada UMKM yang non-bankable. Program ini dirancang agar mudah dan meringankan calon mitra binaan," ujar Roby, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/10/2019).

Roby menambahkan, PK Pertamina memberikan modal bergulir hingga Rp 200 juta dengan biaya administrasi hanya 3%. Selain akses modal bergulir, PK Pertamina juga mengembangkan mitra binaan. Melalui pelatihan, pembinaan dan pengembangan pemasaran, salah satunya melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran.

Bawadi Coffee mendapat kesempatan dari Pertamina untuk berpartisipasi dalam pameran The 16th China-ASEAN Expo (CAEXPO 2019) di Nanning International Convention and Exhibition Center, China beberapa waktu lalu. Ajang ini menarik kunjungan lebih dari 85 ribu orang, dengan menampilkan 6.600 anjungan.

"Pada pameran CAEXPO 2019, Bawadi Coffee berhasil meneken kerja sama penjualan produknya senilai Rp 1,4 miliar. Kami tentu bangga, mitra binaan Pertamina bisa tembus pasar mancanegara," ungkap Roby.


Bawadi pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan bagi dirinya untuk ikut pameran di China. Sehingga Bawadi dapat mengikat kerja sama dengan beberapa pengusaha China.

"Dalam waktu dekat, kami akan ekspor kopi sebanyak satu kontainer," kata Bawadi.

Sebagai informasi, di Provinsi Aceh, Pertamina MOR I memiliki lebih dari 1.800 mitra binaan. Tahun lalu, sebesar Rp 1,1 miliar disalurkan bagi mitra binaan Aceh. Tahun ini, Pertamina MOR I berencana menyalurkan total Rp 16 miliar bagi mitra binaan di wilayah Sumatera bagian utara.

Simak Video "Hari Pelanggan, Pertamina MOR VII Bagikan Power Bank dan 'Lamborghini'"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com