Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Nov 2019 21:30 WIB

Dari Lukisan Kertas, Anak Muda Ini Raup Omzet Puluhan Juta

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok: LanaGift Foto: Dok: LanaGift
Jakarta - Di tangan orang kreatif, apa saja bisa bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Seperti yang dilakukan oleh Rahmat Maulana yang memanfaatkan buku menjadi sebuah goresan gambar wajah manusia.

Pria lulusan D3 Refraksi Optisi atau yang berwenang melakukan pemeriksaan mata dasar ini mulai menjalankan usaha yang unik ini pada 2017. Berawal dari iseng, Rahmat membuat karya seni tersebut dan memamerkannya di sosial media.

"Lalu saya coba membuat karya seni ini hanya untuk koleksi pribadi saja. Saya coba upload di sosial media, ternyata banyak teman-teman yang suka dengan karya seni ini, dari sinilah awal mula saya melihat ini sebagai peluang bisnis," kata Rahmat kepada detikFinance, Jakarta, seperti ditulis Sabtu (30/11/2019).

Saat banyak yang meminati hasil karyanya itu, Rahmat pun mematangkan hasil karyanya sebagai produk yang siap diperjualbelikan. Apalagi bidang usaha produk seni ini hampir tidak ada saingan di Indonesia.

"Karena bentuknya yang unik sehingga setiap orang yang melihat ini selalu tertarik untuk membeli, ditambah lagi dengan besarnya market atau pasar di dunia online," tambah dia.

Modal yang dikeluarkan saat merintis usaha yang diberi nama LanaGift ini sebesar Rp 1 juta untuk membeli bahan baku seperti kertas, dan alat lainnya.

Sebelum menjalankan usahanya, Rahmat mengisi kesibukannya dengan meneruskan usaha keluarga dengan menjaga toko optik. Sambil menjaga toko optik keluarganya, pria berusia 25 tahun ini gencar mempromosikan produk LanaGift di media sosial, seperti Instagram.

Harga jual produk LanaGift bervariasi, mulai dari Rp 100.000 untuk ukuran mini, Rp 195.000-295.000 sesuai tingkat kerumitan, dan Rp 325.000 untuk produk wajah cutting.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com