Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Des 2019 13:46 WIB

UMKM Asal Papua Ini Hasilkan Produk Budaya yang Hampir Hilang

Angga Laraspati - detikFinance
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta - Budaya Indonesia memang kerap kali diterpa oleh era globalisasi yang mengancam kebudayaan Indonesia. Begitu juga dengan seni ukir di atas kayu asal Papua yang mulai tergerus seiring berjalannya waktu.

Namun, hal itu tidak membuat pemilik dari UMKM Kerajinan Kayu Kalkote Permai, Martha Ohee (50) asal Sentani Papua. UMKM miliknya terus berusaha untuk melestarikan budaya nenek moyangnya yaitu seni ukir di atas kayu.


"Saya hanya perempuan satu-satunya dari Sentani yang masih menggeluti kegiatan ini, karena saya ingin budaya ini tidak hilang dan generasi selanjutnya dapat terus mengetahui kesenian ini," ujar Martha saat ditemui di acara UMKM Export BRILIANPREUNER 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

UMKM Asal Papua Ini Hasilkan Produk Budaya yang Hampir HilangFoto: dok BRI

Kerajinan yang ia hasilkan tidak hanya seni ukir saja, banyak kerajinan unik dari UMKM miliknya contoh saja tas yang dihasilkan dari Kayu Pohon Khombouw.

"Kita juga memproduksi tas, dompet, topi, noken (sejenis ras yang terbuat dari kayu yonggoli) dan masih banyak yang lainnya," tuturnya.

UMKM ini juga sudah memproduksi barangnya sampai ke seluruh papua dan juga seluruh Indonesia dengan omzet yang cukup besar.


"Kita sudah memproduksi sampai seluruh Indonesia, untuk ekspor sendiri banyak yang berminat dengan barang kami dan biasanya itu lewat pameran dan eksibisi. Untuk omzet sendiri kami bisa mendapatkan Rp 7 juta perbulannya," kata Martha.

Martha sendiri berharap lewat acara yang digaungkan oleh Bank BRI ini UMKMnya dapat berkembang dan juga dikenal oleh pasar internasional.

"Ini harus bisa dikembangkan karena ini budaya, budaya dari nenek moyang kita. Jadi saya berharap nantinya akan ada pemberdayaan dan juga pelatihan untuk UMKM di Sentani," pungkasnya.

Simak Video "Pelempar Molotov Kantor BRI Ampana Sulteng Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com