Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Jan 2020 17:05 WIB

Olah Biji Kopi Reject Bisa Dapat Duit Rp 500 Juta, Mau?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Instagram @kopikreatif Foto: Dok. Instagram @kopikreatif
Jakarta - Zaman sekarang rasanya tidak lengkap kalau belum menyeruput secangkir kopi, entah di pagi hari, siang maupun malam hari. Mudah menemukan gerai-gerai kopi saat ini, mulai dari mal hingga pinggir jalan.

Untuk memastikan cita rasa kopi yang nikmat tentunya biji yang dipilih berkualitas baik. Namun tidak semua biji kopi memenuhi syarat tersebut.

Lantas bagaimana nasib biji kopi yang kualitasnya jelek? Di tangan yang tepat, itu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan Yudhi, Founder Kopi Kreatif. Bisnis yang dia geluti mengolah biji-biji kopi tak layak konsumsi menjadi sebuah produk bernilai tambah.


Setidaknya ada 11 varian produk yang dihasilkannya dari biji-biji kopi berkualitas jelek, mulai dari gelang, kalung, anting, tasbih, parfum badan, pewangi mobil, roll on aromatherapy, pewangi toilet, hingga kue.

"Nah barang pertama yang saya sama tim buat itu pertama dulu namanya gelang kopi. Sampai saat ini produknya ada 11 variasi," kata dia saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Bisnis yang dirintisnya dimulai sejak 2015 lalu. Dia mengaku hanya mengandalkan modal Rp 500 ribu. Uang tersebut digunakan untuk membeli wajan penggorengan untuk memanggang biji kopi, benang untuk merajut gelang, dan biji kopi sebagai bahan dasar tentunya.

Olah Biji Kopi Reject Bisa Dapat Duit Rp 500 Juta, Mau?Foto: Dok. Instagram @kopikreatif

Berhubung biji kopi yang dibeli tidak layak konsumsi, dirinya mendapatkan dengan harga yang sangat murah dibandingkan biji berkualitas baik. Jenis biji kopi yang digunakan adalah robusta, yang dibeli per kilogram Rp 20 ribu sampai Rp 27,5 ribu. Jika kualitasnya bagus bisa dihargai Rp 100-175 ribu, tergantung jenis biji kopinya.

"Jadi memang dulu itu dimulai dengan gelang kopi dan semua dilakukan sendiri. Dengan modal awal Rp 500 ribu itu saya bisa dapat gelang kopi itu kurang lebih 35-40 pcs," sebutnya.

Kisaran harga produk yang dijual di Kopi Kreatif antara Rp 20 ribu sampai Rp 200 ribu. Pewangi mobil adalah yang paling murah. Sementara yang termahal adalah paket berisi 4 item produk.


Konsumennya pun beragam, dari usia 16 sampai 50 tahun. Umumnya orang-orang tua paling banyak membeli tasbih biji kopi. Namun produk unggulannya adalah pewangi mobil.

"Yang nomor satu itu pewangi kopi mobil. Yang kedua itu parfum. Yang ketiga baru gelang. Yang keempat ada di cookies kopi," sebutnya.

Bermodal Rp 500 ribu, kini bisnis tersebut telah berkembang pesat. Dia mengatakan, dalam sebulan bisa mendapatkan omzet Rp 500 juta. Jika sedang ramai-ramainya, omzet yang diperoleh bisa tembus Rp 1,7 miliar per bulan.

"Kalau omzet sebenarnya kita fluktuatif. Jadi kalau di minimal itu kita di Rp 500 juta sih sebenarnya. Itu untuk minimal. Kami pernah dapat di Rp 1,7 miliar per bulan," tambahnya.

Buat yang berminat memiliki produk biji kopi tersebut bisa mengunjungi akun Instagram @kopikreatif. (toy/ara)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com