Jualan Radio dari Kayu Bisa Dapat Rp 300 Juta, Mau Ikutan?

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 29 Feb 2020 18:30 WIB
Radio Kayu
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Manusia amat dimanjakan oleh teknologi di zaman modern seperti saat ini. Hanya dengan perangkat elektronik sebesar genggaman tangan, kita bisa mendengarkan ragam musik.

Melalui smartphone, lagu yang dulu hanya bisa ditunggu-tunggu di radio bisa diputar kapan saja dan di mana saja. Kehadiran radio pun kini bisa diakses lewat smartphone tanpa harus membawa perangkat yang besar.

Lalu apakah radio dengan ukurannya yang besar semakin ditinggalkan?

Tunggu dulu, rupanya radio masih menjadi komoditas bisnis yang terbilang menjanjikan, asal dibalut kreativitas yang tinggi. Seperti yang dibuktikan oleh Helmi Suana Permanahadi, Founder & CEO Faber Instrument Indonesia.

Jika biasanya perangkat radio terbuat dari plastik atau mika, melalui tangannya, itu diganti dengan bahan kayu. Casing yang terbuat dari kayu ini pun didesain sedemikian rupa agar tampak menarik.

"Jadi ceritanya memang dulu di rumah banyak radio jadul, zaman peninggalan nenek, kakek kan. Menang sudah usang. Terus kebetulan saya suka kayu, saya bongkar, terus saya bikin lagi desainnya, layout-nya saya ganti modelnya, dalamannya masih versi yang lama. awalnya begitu," kata dia saat dihubungi detikcom baru-baru ini.

Bikin Radio dari Kayu Bisa Raup Rp 300 Juta, Ah yang Bener?Foto: Dok. Pribadi

Kebetulan dia sudah berpengalaman membuat kerajinan kayu. Pada tahun 2011, dia sudah memulai bisnis dengan memproduksi gitar akustik dan cajon sampai tahun 2015, bersama perajin di daerah Bandung Selatan. Menginjak awal 2018, bisnisnya beralih ke pembuatan radio kayu.

Radio kayu yang dibuatnya memiliki fitur kekinian dengan nuansa tempo dulu. Selain memiliki gelombang FM, radio kayu yang dia produksi dapat memutar lagu melalui USB dan bluetooth. Harganya pun terjangkau.

"Mulai dari Rp 800 ribu untuk yang mono. Untuk yang stereo mulai Rp 1,3-1,5 juta," sebelumnya.

Bikin Radio dari Kayu Bisa Raup Rp 300 Juta, Ah yang Bener?Foto: Dok. Pribadi

Saingan di bisnis tersebut pun belum terlalu banyak. Bahkan bisa dibilang masih sangat sedikit perajin yang bergerak di bidang tersebut. Pemasukan yang dapat diperoleh dari bisnis radio kayu ini pun amat menjanjikan.

Dia mengaku dalam setahun bisa mengantongi pemasukan bersih sebesar Rp 300 juta, dengan penjualan radio kayu sebanyak 30 sampai 40 unit per bulannya.

"Kalau omzet, kalau per bulan kita Rp 25 juta sampai Rp 30 juta. Kalau setahun bersihnya Rp 300 juta," tambahnya.

Jika berminat untuk memiliki radio kayu bisa mengunjungi akun resmi Instagramnya di @faberinstrumentindonesia, atau datang langsung ke galeri dan workshop mereka di Jalan Wijaya Kusuma No.137, Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur.

Jualan Radio dari Kayu Bisa Dapat Rp 300 Juta, Mau Ikutan?


Simak Video "Mulai Bisnis Bermodal 1 Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)