11 Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan Saat Work From Home

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 15:50 WIB
Ibu bekerja di rumah
Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan/Foto: Getty Images/iStockphoto/BartekSzewczyk
Jakarta -

Pemerintah meminta para pekerja untuk melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Dalam kesempatan itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan yang menguntungkan lho.

Langkah WFH dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona yang saat ini telah menginfeksi lebih dari sekitar 200 ribu orang di seluruh dunia. Nah, bila pekerjaan di rumah sudah beres, kamu bisa memanfaatkan peluang yang lain ya.

Berikut rekomendasi usaha rumahan:

1. Jadi Translator

Bila menguasai bahasa asing, kamu bisa memanfaatkan kesempatan WFH dengan membuka jasa penerjemah. Tak perlu membuang-buang waktu karena tugas biasanya dikirim melalui email.

Bahkan, kamu bisa mengerjakan tugas sambil rileks karena berada di dalam rumah.

2. Desain Grafis

Membuka jasa desain grafis juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Cukup duduk di depan laptop dan mengembangkan kekreatifan seluas mungkin.

Apalagi, pesanan-pesan desain bisa dilakukan melalui sosial media. Jadi tak perlu repot-repot untuk keluar rumah dan bertemu dengan klien ya.

3. Dropshiper

Pekerjaan ini menjadi peluang usaha yang lagi trend. Tak perlu mengeluarkan modal, kamu hanya membutuhkan kuota internet dan mencari pelanggan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Sistem peluang usaha rumahan yang menguntungkan ini, kamu menjadi perantara antar penjual dan pembeli. Keuntungan yang didapat pun berasal dari kesepakatan selisih harga.

4. Jual Pulsa dan Paket Internet

Menjual pulsa dan paket internet juga bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Kamu hanya perlu menunggu pelanggan memesan pulsa atau paket internet ke provider sesuai dengan keinginan pelanggan.

5. Jual Snack Kiloan

Ide usaha rumahan kreatif lainnya adalah menjual snack kiloan. Peluang usaha ini sangat digemari banyak orang karena makanan menjadi salah satu sektor yang tak pernah turun penjualannya.

Kamu hanya perlu mencari produsen snack yang menjual makanan kiloan dengan harga yang terjangkau. Sehingga kamu bisa jual snack dengan harga yang murah.

6. Rental PS

Rental PS juga bisa menjadi solusi mengisi waktu luang di WFH kamu. Hanya saja, pastikan untuk menjaga kebersihan dan memberi jarak social distancing antara pengguna yang satu dengan yang lain.

7. Jual Jajanan SD

Jualan jajanan SD di depan rumah juga bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Terlebih banyak orang yang merindukan jajanan-jajanan kala itu, seperti cilor, cilok, hingga telor gulung.

8. Freelance Penulis Artikel

Bagi kamu yang suka menulis, jadi freelance penulis artikel juga menguntungkan. Kamu cukup menulis tema yang diminta dari rumah tanpa perlu ke luar rumah.

9. Jadi YouTuber

YouTube menjadi bagian sehari-hari anak muda di zaman sekarang. Dengan mencoba menjadi seorang YouTuber kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang tanpa perlu repot.

Cukup membuat konten menarik dari rumah, misalnya tutorial make up atau memasak. Kamu pun akan mendapatkan uang.

10. Jasa Laundry

Bila memiliki waktu luang yang lebih saat bekerja dari rumah, kamu bisa membuka jasa laundry. Cukup pisahkan pakaian pelanggan dan jaga kebersihan ya.

11. Buka Penginapan

Peluang usaha rumahan yang menguntungkan terakhir dengan membuka penginapan. Tapi ingat ya, kamu perlu memastikan banyak hal terkait kesehatan calon pelanggan kamu dan kebersihan.

Selamat mencoba!



Simak Video "Blak-blakan Inspirasi Bisnis dari China di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)