Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Apr 2020 12:35 WIB

Yuk Dicoba! Ada Peluang Ternak Lele di Tengah Wabah Corona

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Lele di kolam reaktor nuklir Chernobyl. Foto: Wikimedia Common/Vic Harkness
Jakarta -

Penyebaran COVID-19 di Indonesia telah mengganggu roda perekonomian. Bahkan, sejumlah perusahaan telah merumahkan para pegawai untuk menekan biaya operasional. Tapi jangan khawatir detikers, selalu ada peluang di setiap tantangan yang ada, misalnya ternak lele.

CEO Simbiofish Donny Pasaribu menjelaskan saat ini beternak lele bisa jadi salah satu pilihan para pegawai yang sedang work from home atau dirumahkan. Karena lele bisa memberikan penghasilan jika ditekuni dengan serius.

Melalui aplikasi Simbiofish yang bisa diunduh di Google Playstore, Donny mengatakan semua orang bisa menjadi peternak lele. "Simbiofish itu untuk membantu masyarakat urban yang misalnya pengangguran agar bisa ternak dan supaya ada pekerjaan dan mengatasi perbaikan gizi," kata Donny saat dihubungi detikcom, Kamis (23/4/2020).

Dia mengungkapkan, dalam aplikasi Simbiofish akan ada panduan untuk memulai ternak lele ini. Mulai dari persiapan kolam, penaburan bibit, pemberian pakan hingga perawatan.

Donny menjelaskan, calon peternak tidak harus membeli bibit di Simbiofish dan bisa membeli di luar. Namun, Simbiofish juga menyediakan bibit dengan garansi, jika bibit tersebut sudah besar dan umur panen Simbiofish bisa membeli kembali.

"Kami membeli kembali lele yang bibitnya beli di kami, kami prioritaskan itu. Terutama untuk peternak di Jabodetabek," imbuh dia.

Dia menjelaskan saat ini banyak orang yang berpikiran jika beternak lele adalah hal yang mudah. Padahal sama seperti bisnis lainnya dibutuhkan usaha yang serius agar bisa mendapatkan cuan.

Peternak juga harus memperhatikan makanan yang diberikan untuk lele. Misalnya, lele yang makanannya baik, akan menghasilkan daging yang baik pula.

"Untuk menekan harga pelet, biasanya kami kasih tips lele dikasih makan sayuran-sayuran yang jelek dan tidak dijual itu. Jadi ketika lele usianya sudah 2 bulan dan siap panen dikasih makannya sayuran terus," kata dia.

Lele yang diternak oleh mitra Simbiofish dilarang keras menggunakan pakan limbah ayam, seperti kotoran ayam, ayam tiren. Seluruh makanan harus bersih dan higienis, jika ketahuan menggunakan makanan yang jelek, maka Simbiofish akan memutus mitra tersebut.

"Karena kita juga sudah kerja sama dengan jaringan pecel lele di Jabodetabek. Mereka selalu minta lele yang makanannya bersih, karena dagingnya lebih garing dan tidak benyek," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com