Yuk Dicoba! Ada Peluang Ternak Lele di Tengah Wabah Corona

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 23 Apr 2020 12:35 WIB
Lele di kolam reaktor nuklir Chernobyl.
Foto: Wikimedia Common/Vic Harkness

Saat ini mitra Simbiofish yang terdaftar di apps hampir mencapai 3.000. Padahal sebelum pandemi jumlah mitra berada di kisaran 2.200.

Donny menyebut permintaan lele di Jabodetabek mencapai 240 ton per hari. Namun saat ini Simbiofish hanya bisa memasok sekitar 1 ton per hari dari 40 mitra. "Pasokan kebutuhan lele di Jabodetabek itu selalu dipenuhi dari luar kota. Makanya saya selalu campaign lele itu sehat dan orang kota juga bisa supply produk lelenya sendiri," jelas dia.

Untuk memulai usaha ternak lele, bisa dengan modal Rp 3 juta untuk 1 kolam, bibit dan pakan. Nah dari 1 kolam ini maka di periode kedua bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar hingga 30% keuntungan bersih yang didapatkan.

Lalu bagi masyarakat kota yang lahannya terbatas bisa menggunakan terpal yang tebal untuk kolam. Harga awal terpal ini memang mahal, namun bisa dipakai hingga 7 tahun dan bisa menguntungkan.

Tiga kolam ini untuk melakukan pemisahan lele. Pasalnya, setiap 2 minggu lele ini berkembang dan membesar dengan ukuran yang berbeda. "Jadi harus dipisahkan tiap dua minggu, yang kecil, sedang dan besar. Kalau tidak dipisahkan bisa bahaya, yang besar akan makan yang kecil," jelas dia.

Selain itu, jika benar-benar tidak memiliki lahan maka bisa menggunakan drum atau ember. Memang jika drum atau ember yang digunakan hanya bisa maksimal untuk konsumsi sendiri dan bisa dijual ke tetangga, bukan jualan skala besar. Menurut Donny, ternak lele memakan wakti 2,5 - 3 bulan sudah bisa mendapatkan hasil keuntungan. Jadi, selamat mencoba!

Corona mengubah drastis hidup Anda? Pekerjaan lama sudah tidak bisa dilakukan lagi gara-gara pembatasan sosial berskala besar (PSBB)?

Nah, buat detikers yang beralih bikin usaha sambil bekerja dari rumah (work from home/WFH) boleh dikirimkan cerita dan profil bisnisnya ke kami ya. Sertakan nama, nomor telepon yang bisa dihubungi, jenis usaha yang dijalankan, serta cerita di balik merintis usaha tersebut.

Kirim melalui email ke redaksi@detikfinance.com dengan subject: Peluang Usaha WFH. Selamat berjuang dan semoga pandemi ini segera berakhir!

Halaman

(kil/fdl)