Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Apr 2020 15:05 WIB

Deretan Bisnis yang Bikin Cuan di Tengah Corona, Apa Saja?

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi THR Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Penyebaran COVID-19 di Indonesia menurunkan aktivitas perekonomian. Masyarakat harus banyak berdiam diri di rumah karena adanya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bahkan banyak perusahaan yang merumahkan pegawainya untuk menekan biaya operasional.

Namun pandemi Corona tidak melulu memberikan dampak negatif, melainkan ada dampak positif seperti peluang membuka usaha kecil-kecilan.

Pengamat Bisnis, Rhenald Kasali menyebutkan ada beberapa potensi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di tengah pandemi Corona.

Bahkan modal untuk menjalankan usaha ini sangat kecil karena tipsnya tersedia banyak di YouTube.

"Semua orang sekarang prioritasnya adalah survive, modal yang paling utama adalah dari dapur sendiri, dari kebun sendiri, bisa juga dari YouTube," kata Rhenald saat dihubungi detikcom, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Rhenald menyebut beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah berjualan via grup WhatsApp. Produk yang dijual bisa bahan makanan maupun makanan jadi. Pangsa pasarnya bisa para tetangga.

"Jadi nggak perlu website, dan nggak perlu alat pembayaran, umumkan saja bisnis di WhatsApp group," jelasnya.

Selanjutnya, kata Rhenald adalah bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan di sektor kesehatan, mulai dari masker, alat pelindung diri (APD), dan hand sanitizer.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com