Kerja dari Rumah Sambil Bisnis Rumput Laut, Untungnya Jutaan!

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 24 Apr 2020 11:39 WIB
Kampung Mamolo menjadi salah satu sentra produksi rumput laut di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Yuk kita lihat geliat bisnis rumput laut Nunukan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) tidak melulu membuat kehilangan pendapatan. Banyaknya waktu luang di rumah sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mulai membuka usaha.

Itulah yang dilakukan oleh Dani bersama sang Istri, warga Bogor, Jawa Barat. Dikarenakan kedua kantor tempatnya menerapkan kerja dari rumah (Work From Home/WFH), keduanya memberanikan diri memulai bisnis minuman rumput laut untuk tambahan penghasilan.

"Pekerjaan saya sebenarnya IT Consultant, karena kerja dari rumah, saya coba sama istri buat produk olahan dari rumput laut seperti dijadikan minuman es rumput laut dan agar-agar rumput laut," ujar Dani kepada detikcom, Jumat (24/4/2020).

Dani mengaku memang sudah cukup lama menggeluti bisnis rumput laut. Sebelum ada Corona, dirinya sudah lebih dulu menjadi supplier rumput laut untuk diekspor ke Jepang. Dari situ muncul idenya untuk memanfaatkan bahan baku rumput laut yang selama ini ia ekspor ke Jepang untuk dijadikan produk olahan.

"Saya jualnya raw material atau bahan baku rumput laut. Itu yang diekspor ke Jepang. Terus pas ada Corona ini saya kepikiran, sayang juga kalau dijual semua ke Jepang. Makanya bahan baku itu saya olah untuk pasar lokal," sambungnya.

Mengolah rumput laut menjadi minuman dan agar-agar sengaja dipilih Dani sebab dianggap paling banyak dicari pembeli di momen-momen mendekati ramadhan seperti sekarang ini.

"Di moment puasa seperti sekarang, banyak orang mencari minuman segar, saya liat ini adalah sebuah peluang di mana saya bisa menjual agar-agar yang diolah dari rumput laut," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "8 Tips Jitu Bangun Usaha Bisnis di Masa Sulit COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]