Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mei 2020 12:45 WIB

Pria Asal Purworejo Bisa Cuan Rp 15 Juta/Bulan, Ini Rahasianya!

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
EDC BRI Foto: Didik Dwi H/20detik
Purworejo -

Kios ponsel yang berada di sebelah Pasar Desa Tegalsari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo itu tak pernah sepi pengunjung. Bahkan hingga sore, saat pasar sudah beranjak sepi, tempat ini masih kerap didatangi warga desa.

Bukan hanya untuk melihat smartphone keluaran terbaru atau membeli pulsa dan kuota internet, toko ponsel milik AM Wahyu ini juga menjadi tempat warga membayar tagihan bulanan, transfer uang, tarik tunai, hingga menabung.

Ya, pria berusia 26 tahun ini memang sudah sejak 2017 merangkap menjadi agen bank di desa yang berada di ujung utara Kabupaten Purworejo. Sejak saat itu, usaha tokonya yang telah dirintis dari 2011 silam berkembang pesat.

"Saya mulai jadi Agen BRILink (Agen BANK BRI) mulai dari tahun 2017 sampai sekarang. Awal mulanya saya merupakan nasabah KUR lalu saya ditawari jadi Agen BRILink sama mantri BANK BRI," ucapnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Agen BRILinkAgen BRILink Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikFinance

Saat itu, ia langsung menerima tawaran Mantri BANK BRI untuk menjadi Agen BRILink. Sebab, keuntungan menjadi Agen BRILink di desa tak perlu diragukan lagi. Terlebih, saat itu warga Desa Tegalsari cukup kesulitan mendapat akses perbankan karena jarak desa yang jauh dari pusat kota.

"Saya jadi Agen BRILink pertama untuk menambah omzet saya sendiri, kedua untuk membantu masyarakat setempat agar lebih dekat dalam melakukan transaksi perbankan," imbuhnya.

Ada berbagai macam layanan yang diberikan Wahyu antara lain, tarik tunai, transfer, bayar tagihan listrik, air, hingga menabung. Ia mengaku banyak masyarakat yang menggunakan jasanya untuk melakukan transaksi.

Dalam sehari, ia bisa melakukan 100-150 transaksi. Mayoritas masyarakat memang menggunakan jasanya untuk melakukan transfer dan tarik tunai. Ia mengaku dari hasilnya sebagai Agen BRILink dan membuka kios ponsel, ia bisa meraup pendapatan bersih hingga Rp15 juta per bulan.

"Keuntungannya udah banyak banget, yang jelas untuk kenaikan penghasilan usaha toko itu paling utama dari Agen BRILink. Yang jelas Rp15 juta tiap bulan itu pendapatan bersih yang bisa saya hitung. Kalau omzet agak susah ngitungnya ya, cuma kalau dikira-kira ya bisa sekitar Rp50 juta omzetnya," ungkapnya.

Dari hasil kerja kerasnya, impiannya untuk membeli rumah, membeli mobil dan mengembangkan toko ponselnya pun akhirnya dapat terwujud. Bapak 2 anak ini juga tak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta menyekolahkan anak-anaknya.

"Dulu kan tokonya masih biasa masih kecil cuma di bawah, alhamdulillah sejak jadi Agen BRILink bisa buat bangunan yang di atas toko, terus sudah bisa buat beli rumah, beli mobil juga. Untuk kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anak-anak juga alhamdulillah lancar dari penghasilan toko ponsel sama jadi Agen BRILink," pungkasnya.

(prf/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com