Empuknya Bisnis Roti di Tengah Pandemi

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 12 Jun 2020 12:33 WIB
Diana Bakery
Foto: Dok. Diana Bakery
Jakarta -

Bagi para pelaku UMKM di Jakarta, pandemi virus Corona atau COVID-19 tentu berdampak signifikan. Namun hal itu tidak bagi para penjual makanan seperti roti dan kue.

Bagi pelaku bisnis makanan, justru di tengah masa pandemi penjualannya meningkat dan banyak dipesan baik secara delivery ataupun online.

Diondy Kusuma, pemilik Diana Bakery mengaku saat bulan Ramadhan dan selama masa PSBB justru penjualannya meningkat. Sebab ada banyak pelanggan yang mengirimkan produk roti maupun kue. Masyarakat yang tidak bisa saling bertemu, akhirnya menjalin silaturahmi dengan cara saling berkirim roti dan kue.

"Rekor terbesar dalam seminggu, setiap hari secara berturut-turut jumlah kiriman tidak kurang dari 200 paket," kata Diondy dalam keterangan tertulis, Jumat (12/6/2020).

Dia mengaku penjualannya mengalami peningkatan hingga 30% selama masa pandemi ini. Salah satu produk yang menjadi andalan penjualan yakni Signature Brownies kerap ludes dipesan pelanggan.

Menurutnya, kunci keberhasilan bersumber dari portal belanja online yang sudah dibangun sejak beberapa tahun silam. Merek roti yang sudah berdiri sejak 2001 ini telah memiliki platform penjualan online, baik melalui social media, e-commerce maupun website resmi.

"Merek lain banyak yang tumbang karena hanya berfokus pada penjualan offline, tetapi ketika kita sudah siap dan momennya pas maka online sangat membantu," tambahnya.

Diondy mengaku dirinya tidak seperti pengusaha UMKM lainnya yang sampai merumahkan karyawannya. Dia pun bersyukur masih bisa mempertahankan lapangan pekerjaan di tengah masa yang sangat sulit.



Simak Video "Pelaku UMKM Klaten Geruduk Rumdin Bupati Terkait Subsidi Rp 2,4 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)