'Sampah' Kelapa Ternyata Masih Ada Harganya

Arbi Anugrah - detikFinance
Rabu, 22 Jul 2020 10:37 WIB
serabut kelapa
Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Untuk bentuknya potnya sendiri diakuinya baru memiliki tujuh bentuk diantaranya ada yang berbentuk segi empat, segi tiga, lingkaran, tabung, kerucut dan turus untuk rambatan seperti daun sirih, hingga uji coba membuat sandal dari serabut kelapa.

"Sandal sebenarnya masih uji coba, karena kita belum punya alat untuk bikin sandalnya. Awalnya memang sudah ingin buat sendal dari serabut. Saya buat lembarannya terbuat dari serabut kelapa yang saya olah, saya campur lem dan di pres tapi secara manual. Ternyata hasilnya bagus. Tapi kalau mau dilanjutkan harus ada mesin pres dan mesin jahit sandal," jelasnya.

Untuk penjualannya sendiri diakuinya sudah keluar kota, diantaranya Jember, Surabaya, Boyolali, Bandung, Jakarta, Depok, Tangerang. Untuk harga mulai Rp 10 ribu hingga Rp 70 ribu tergantung ukurannya.

serabut kelapaFoto: Arbi Anugrah/detikcom

"Yang banyak diminati biasanya yang model kerucut, karena rata-rata masih awam, jadi pembeli pot ini masih yang hobinya anggrek. Padahal pot ini menurut saya tidak hanya untuk anggrek, tapi bisa untuk tanaman apa saja," ucapnya.

Untuk memenuhi permintaan pot serabut kelapa yang mulai banyak permintaan ini akhirnya dia mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KIB) Serabut Kelapa Banyumas. Pekerjaannya merupakan warga sekitar lingkungannya, seperti ibu-ibu dan anak-anak muda.

"Alhamdulillah sekarang bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar sini," ujarnya.

Dia menjelaskan jika banyak manfaat dari pot serabut kelapa ini. Selain mampu menyimpan air untuk tanaman, pot serabut kelapa ini juga mengandung unsur hara yang baik untuk tanaman.

serabut kelapa Foto: Arbi Anugrah/detikcom

"Jadi manfaat serabut kelapa ini untuk tanaman dia sudah mengandung unsur hara yang bagus, jadi ada fosfor dan zat kaliumnya," katanya.

"Dan keuntungannya juga buat tanaman, kalau ditanam di pot serabut kelapa ini tidak perlu disiram setiap hari, seminggu sekali sudah cukup. Dan kalau pot ini ditaruh di dalam ruangan, di atas meja atau didinding tidak perlu disiram pakai gayung, Cukup disemprot saja dinding-dindingnya sampai basah, dan tidak perlu sering-sering," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gibran-Teguh Siapkan Blusukan dan Konser Online"
[Gambas:Video 20detik]