Berawal dari Iseng, Pria Ini Raup Cuan Bikin Miniatur RX King

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 22:15 WIB
Bisnis miniatur motor RX King
Foto: Dok. @riz_miniaturmotor/Wawang Kurniawan
Jakarta -

Ada banyak cara untuk menghasilkan cuan. Tak melulu harus bermodal besar, pundi-pundi rupiah pun dapat diperoleh dengan bermodal barang bekas. Seperti yang dilakukan oleh Wawang Kurniawan.

Kesehariannya, dia bekerja sebagai buruh di sebuah bengkel. Namun, penghasilannya tak cuma dari situ. Selepas kerja dirinya menyisihkan waktu untuk merakit barang bekas dan menjadikannya miniatur RX King.

Apa yang dilakukan olehnya berawal dari hobi. Tak terbesit di benaknya untuk menjual karya tangannya.

"Pertama kita bikin iseng-iseng saja, isi kosong waktu luang pulang kerja. Itu pas dari tahun 2018-an. Itu pertama bikin buat sendiri saja, buat koleksi sendiri, itu saya iseng-iseng bikin miniatur RX King, di-posting di grup Facebook, itu banyak yang responnya bagus," kata dia saat bercerita kepada detikcom baru-baru ini.

Akhirnya dari situ banyak yang meminta dibikinkan miniatur olehnya. Dia pun mulai berani untuk menerima penawaran pada akhir 2018.

Saat ini dirinya fokus membuat miniatur motor, dan mayoritas adalah miniatur RX King. Sementara untuk motor matic seperti Beat atau Vario, dia belum berani menerima permintaan konsumen lantaran pembuatannya lebih sulit.

"Kalau matic dari bentuk body pas bikin polanya kadang-kadang nyambungnya nggak ketemu, nggak cukup sekali-dua kali. Tapi pernah sih bikin dua kali ada di Instagram kita, itu karena teman saja yang maksa. Tapi kalau bikin buat orang jauh nggak berani," paparnya.

Dia mengatakan untuk membuat satu unit miniatur cukup bermodalkan Rp 100 ribu. Biayanya minim karena mengandalkan banyak bahan bekas, mulai dari pipa hingga pintu kamar mandi yang terbuat dari plastik PVC.

Dari modal tersebut dia bisa membuat miniatur RX King yang harga jual Rp 450 ribu hingga Rp 1,5 juta. Variasi harga tergantung dari skala miniatur, makin besar makin mahal.

"Tergantung skala juga. Waktu itu pernah ada berapa unit bikin yang skala 6 lumayan gede juga tuh sampai Rp 1,5 jutaan. Tapi kalau buat RX King kita harganya Rp 450.000, skala 18-ya," sebutnya.

Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2