Saatnya Jadi Bos

Wanita Ini Cuan Puluhan Juta dari Mini Figure hingga Jadi Kado buat Sandiaga

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 16:57 WIB
Wanita Ini Raup Puluhan Juta dari Lego, Jadi Kado buat Sandi-Wishnutama
Foto: Dok. Luthfiyah Utari Islami
Jakarta -

Luthfiyah Utari Islami mulanya hanya ingin berbisnis karena melihat kondisi serba sulit di tengah pandemi COVID-19. Siapa sangka, akhirnya ia menemukan mini figure yang menyerupai lego sebagai ladang bisnis yang menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah.

Wanita yang disapa Fia ini mengembangkan bisnis rakit mini figure dengan nama Leuga mulanya hanya dari iseng. Kebetulan, ia punya kesukaan atau hobi terhadap mainan.

"Itu sebenarnya memang cuma memang iseng-iseng aja. Alhamdulillah ada pasarnya," katanya kepada detikcom, Rabu (28/7/2012) lalu.

Bisnis tersebut dimulai pada Oktober 2020. Dalam bisnis ini, ia juga menggandeng mitra Firza Alfriansyah. Fia mengatakan, bisnis yang ia geluti ibarat arsitek yang merancang mini figure sesuai dengan keinginan pelanggan.

"Kita bukan produksi legonya, kita tetap beli untuk bahannya, kita ibaratnya kaya arsiteknya, jasa rakitnya aja," ungkapnya.

Wanita Ini Raup Puluhan Juta dari 'Lego', Jadi Kado buat Sandi-WishnutamaFoto: Dok. Luthfiyah Utari Islami

Wanita yang berdomisili di Karang Tengah, Tangerang ini mengaku, untuk bisnis rakit mini figure ini tak butuh modal besar. Ia hanya mengeluarkan kocek sekitar Rp 2 juta. Modal Rp 2 juta itu ia gunakan untuk membeli baseplate, mini figure, dan perlengkapan lain yang menunjang seperti kemasannya.

Ia mengaku punya pemasok untuk mendapat mini figure tersebut. Selain dari pemasok, ia juga mendapatkan mini figure yang dibeli dari Lego Store. Seiring berkembangnya waktu, ia kadang menambahkan mainan seperti produk-produk Hot Wheels.

Fia bilang, waktu perakitan untuk memenuhi pesanan bisa menghabiskan waktu 1 hingga 2 minggu. Namun, kadang ia butuh waktu 3 minggu untuk rakitan mini figure dengan kemasan akrilik.

"Kita sih dari 1-2 minggu, cuma biasanya 1 minggu sudah selesai. Kecuali untuk yang akrilik. Akrilik itu bisa sampai 3 minggu karena untuk merakitnya perlu waktu," katanya.

Bagaimana awal pemasarannya? Cek halaman berikutnya.

Fia mulanya memasarkan barang dagangannya dari mulut ke mulut. Kemudian, ia memasarkannya melalui Instragam di leuga_id. Bisnis Fia pun lama kelamaan berkembang. Bahkan, ia juga pernah mengerjakan pesanan yang ditujukan untuk publik figur seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan eks Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

"Yang paling deket kemarin Wishnutama, Sandiaga Uno. Untuk artis kemarin Gofar Hilman, ini yang lagi berjalan Maudy Ayunda. Ada juga penyanyi Ardhito Pramono," ujarnya.

Harga yang ditawarkan pun beragam, tergantung karakter dan kemasannya. Untuk karakter bayi misalnya, untuk karakternya ia banderol Rp 100 ribu, balita Rp 100 ribu, dan dewasa Rp 200 ribu.

Begitu juga ada kemasannya. Untuk kemasan blister ada yang gratis sesuai template atau sesuai permintaan dengan biaya Rp 25 ribu.

Fia juga menawarkan paket untuk pernikahan dengan harga Rp 550 ribu yang isinya dua karakter, karangan bunga dan altar. Paket dokter seharga Rp 500 ribu yang terdiri dari 1 karakter, 1 tempat tidur dan meja. Lalu, masih ada paket lain dengan tema yang berbeda.

Wanita Ini Raup Puluhan Juta dari 'Lego', Jadi Kado buat Sandi-WishnutamaFoto: Dok. Luthfiyah Utari Islami

Di samping itu, Fia juga menjual kemasan akrilik di mana untuk ukuran 10x10 cm misalnya dibanderol dengan Rp 600 ribu. Untuk paket dengan kemasan akrilik, Fia mengaku pesanan termahal dengan yang kemasan akrilik yang pernah masuk seharga Rp 2,5 juta.

Bisnis yang geluti ini punya omzet yang lumayan besar. Sebulan, ia bisa mengantongi omzet sampai Rp 25 juta. "Bersihnya bisa Rp 25 juta," ujarnya.

(acd/ara)