Peluang Bisnis Rental Freezer ASI, Omzet Nyaris Rp 150 Juta/Bulan

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 08:30 WIB
Ilustrasi ASI perah di freezer
Ilusrtasi/Foto: Eny K
Jakarta -

Mungkin sebagian perempuan berpikir sulit membagi waktu buat berbisnis setelah hidup berkeluarga. Namun, bagi Santika Wiguna kondisi tersebut tak menyurutkan asa untuk terjun ke dunia bisnis.

Santika adalah seorang ibu sekaligus pemilik bisnis rental freezer ASI Ambubaba. Ia memiliki hampir 1.000 freezer yang disewakan. Tarif sewa satu freezer Rp 150 ribu per bulan.

Dia bercerita, bisnis yang dirintis pada 2016 lalu berawal dari pengalaman pribadi. Santika kesulitan mencari sebuah freezer khusus ASI usai melahirkan.

"Berbekal dari pengalaman saya waktu menyusui dahulu memang agak sulit mencari freezer ASI. Akhirnya karena kondisi keuangan belum cukup, kemampuan finansial juga masih rendah, jadi waktu itu sanggupnya beli second," ungkap Ambu, dalam Haibunda Live di Instagram @haibundacom, Selasa (26/10/2021).

Tak hanya itu, masalah juga datang ketika selesai masa menyusui. Santika kebingungan karena freezer ASI-nya tak terpakai lagi. Sementara waktu itu ia masih tinggal di rumah kontrakan yang sempit.

"Akhirnya waktu itu saya coba tawarkan ke teman. Ke istrinya teman yang baru melahirkan. Ternyata dia bilang mau pakai," katanya.

"Tapi, dia enggak mau kalau hanya meminjam, akhirnya dia sewa. Awalnya sih berangkatnya (bisnis rental freezer ASI) dari sana," sambung perempuan yang akrab disapa Ambu itu.

Kini Santika merintis bisnis rental freezer ASI bersama sang suami, lantaran sama-sama punya minat pada dunia entrepreneur sejak duduk di bangku kuliah.

"Suami saya sangat mendukung dan kebetulan kami sudah sering bisnis bareng sejak kuliah. Otaknya malah suami saya, saya hanya boneka di depan," kisahnya.

Santika juga berbagi kisah seputar tantangan yang dia alami selama merintis bisnis freezer ASI. Penasaran? Langsung klik di sini

(hns/hns)