Saatnya Jadi Bos

Top! Wanita Ini Bikin 'Pasta Sehat', Omzetnya Tembus Ratusan Juta

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 04 Des 2021 20:00 WIB
Top! Wanita Ini Bikin Pasta Sehat, Omzetnya Tembus Ratusan Juta
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Pasta memang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Selain pembuatannya mudah bumbunya juga bisa dikreasikan. Nah perempuan bernama Widya Ethi Rinany membuat pasta lebih sehat dari pasta pada umumnya.

Widya menyulap tepung mocaf atau tepung yang terbuat dari singkong menjadi pasta. Dengan bahan dasar itu pasta yang dibuatnya dengan merek Lula Pasta lebih sehat karena rendah gula.Dengan bisnis itu, Ibu tiga anak ini mengaku omzetnya sempat mencapai Rp 500 hingga 600 juta per tahunnya.

"Modal awal itu Rp 15 juta, untuk inkubasi, beli alat, bahan baku, cetak kemasan, dari modal itu berkembang hingga 20 kali lipat. Tahun pertama (omzet) sekitar Rp 500 juta hingga Rp 600 juta," tuturnya kepada detikcom saat ditemui di Festival Diaspora Indonesia, Jumat (3/12/2021).

Widya bercerita, ide bisnis itu berdasarkan dari pengalamannya sendiri. Awalnya, ide untuk membuat pasta sehat ini ketika anak-anaknya masih kecil, saat itu anak-anaknya yang suka makan pasta mengalami masalah pencernaan.

"Awalnya dari masalah yang saya alami sendiri, anak-anak saya saat masih kecil didiagnosa mengalami masalah pencernaan, jadi nggak boleh makan makanan yang mengandung gluten. Sedangkan mereka suka makan pasta. Karena waktu itu susah cari makanan gluten free, akhirnya saya buat sendiri," ujarnya.

Top! Wanita Ini Bikin 'Pasta Sehat', Omzetnya Tembus Ratusan JutaTop! Wanita Ini Bikin 'Pasta Sehat', Omzetnya Tembus Ratusan Juta Foto: Aulia Damayanti/detikcom

Hingga akhirnya, bisnis ini dimulai pada 2019 berdasarkan pengalaman hidupnya itu. Saat itu Widya mengaku dari proses pembuatan dia lakukan sendirian.

Dalam proses pembuatan Lula Pasta ini, selain tepung mocaf yang gluten free, uniknya pasta ini memiliki macam-macam warna. Nah warna itu disebut menggunakan pewarna sayuran dari mulai sawi hingga wortel.

"Dengan bahan-bahan itu juga kita mengangkat kekayaan lokal. Karena tepung gluten free sendirikan banyak dibuat oleh pengelola lokal juga. Saya beli tepung mocaf dari Banjarnegara, Jawa Tengah di sentral petani singkong," ucapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.