Gurihnya Bisnis Camilan, Modal Ratusan Ribu Bisa Raup Ratusan Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 11 Des 2021 10:13 WIB
Peluang usaha bisnis camilan
Foto: Dokumen Pribadi Aldy Nugroho
Jakarta -

Peluang usaha bisa muncul dari mana saja, bahkan dari hal kecil macam cemilan. Bila pandai melihat peluang, keuntungan besar bisa diraup dari bisnis cemilan.

Seperti halnya Aldy Nugroho, pria asal Bogor ini berhasil meraup omzet ratusan juta rupiah dari bisnis camilan. Usahanya bernama Mac Max Crunchy dengan produk cemilan berupa makaroni renyah dengan berbagai rasa.

Aldy mengaku saat ini dia dapat meraup omzet sampai Rp 150 juta per bulan dari usahanya yang telah dibesut sejak tahun 2018 ini. Dia mengatakan di awal membesut usahanya ini, Aldy bisa mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan per bulan.

"Sekarang 2021 ini udah bisa sampai Rp 150 jutaan per bulan. Dari ratusan ribu sampai sekarang ratusan juta," kata Aldy kepada detikcom.

Meski begitu, kisah Aldy cukup panjang dari awal usahanya dibesut hingga bisa bertahan sampai sekarang. Aldy bercerita usahanya ini dibentuk sejak dirinya masih berseragam putih abu-abu alias masih SMA.

Aldy mengaku dirinya memang memiliki hobi memasak, suatu hari dia iseng membuat sebuah cemilan dan dibawa ke sekolah untuk dinikmati bersama kawannya. Dari keisengannya itu, justru membuka perjalanan bisnis Aldy.

"Awalnya kan memang saya ini suka cemilan makaroni sama teman-teman di kelas, dasarnya suka masak juga, suatu hari iseng bikin makaroni dibawa ke sekolah eh pada suka. Habis itu mulai banyak yang nyaranin jual aja," ungkap Aldy.

Dia bercerita pertama kali membuat makaroni untuk dijual cuma bermodalkan Rp 125 ribu saja untuk membeli bahan dan kemasan seadanya. Dari situ uang keuntungannya terus diputar Aldy untuk mengembangkan usahanya.

"Saya mulai Rp 125 ribu, beli bahan dua kiloan. Diputar aja duitnya terus-terusan sampai lulus sekolah. Alhamdulillah lulus sekolah dapat tambahan modal dari nenek Rp 5 juta, saya tambah ke produksi dan ajak orang sekitar rumah juga untuk kerja," cerita Aldy.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik