Solusi dan Cara Membuat Brand Identity

Sponsored - detikFinance
Jumat, 18 Feb 2022 23:33 WIB
adv
Jakarta -

Untuk menarik perhatian dari banyak orang, perlu dilakukan pembuatan identitas khusus. Pembuatan identitas akan brand yang dijual dinamakan dengan brand identity. Brand identity sendiri adalah salah satu elemen yang mampu membantu dan membuat konsumen untuk bisa mengenali brand yang dijual oleh sekelompok orang. Di mana brand identity sendiri juga merupakan sebuah kumpulan baik dari desain, merk, logo, dan warna untuk menunjukkan kepada khalayak umum.

Dengan identitas khusus yang dimiliki, maka akan banyak konsumen yang langsung mengenali brand yang dipasarkan ini. Mengutip bakti.id, branding dengan pemberian identitas pembeda pada suatu produk menjadi nilai jual produk tersebut dan yang membedakannya dengan produk sejenis serupa lainnya.

Dalam hal ini branding bisa dilakukan dengan pemberian nama merk, nama khusus produk, pemberian logo, pengemasan khusus, dan lain sebagainya. Produk dengan branding yang bagus akan melekat kuat di ingatan para konsumen, sebagai suatu nilai positif.

Sehingga pada saat timbul kebutuhan akan fungsi produk tersebut maka konsumen akan langsung membeli produk tersebut. Bukan produk sejenis yang lainnya meski memiliki fungsi yang sama.

Bahkan meski harganya lebih mahal sekalipun, atau jika harus menunggu ketika stok produk sedang kosong.

Mengapa Brand Identity ini Penting?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat brand identity, maka ketahuilah terlebih dahulu bahwa ada alasan penting mengapa brand identity ini penting untuk dilakukan.

Di mana brand identity ini dilakukan untuk membangun tingkat kepercayaan dari sejumlah pelanggan. Selain dilakukan untuk memberikan kepercayaan pada pelanggan sendiri, ada beberapa alasan mengapa brand identity ini sendiri sangat penting.

Beberapa alasannya adalah:

  • Membangun Loyalitas

Pertama pastinya membangun kepercayaan dari para masyarakat tentang merk yang dibuat. Sebab, hal ini juga akan berpengaruh terhadap produk dan juga konsumennya.

  • Konsisten

Adanya brand identity ini sendiri akan mencerminkan produk dan brand yang akan dijual. Dengan brand yang telah dijual, pastinya penjual harus secara konsisten untuk menciptakan merk yang bisa memiliki ciri khusus.

  • Kepribadian

Biasanya, brand identity ini sendiri akan berhubungan dengan tujuan perusahaan untuk meyakinkan para masyarakat agar membeli produk yang dijual nantinya. Dengan membuat brand identity juga akan membantu untuk membangun perasaan tertentu pada konsumen.

  • Bersaing

Cara membuat branding produk ini dilakukan untuk membantu mendukung dan mempromosikan produk dari beberapa pesaing yang ada di pasaran. Dengan memperkuat branding identity pada sebuah perusahaan, maka akan semakin banyak penilaian dan pengakuan dari banyak orang khususnya dari para konsumen yang akan mencoba untuk membeli produk yang dijual.

  • Mudah Dikenali

Brand identity ini juga membantu banyak orang untuk bisa mengenali produk yang dipasarkan. Biasanya, banyak konsumen yang ingin membeli sebuah produk akan berpikir untuk membeli produk dengan merk tertentu.

Di mana biasanya merk yang dijual memiliki kelebihannya tersendiri. Baik dari kualitas bahannya, kualitas rasanya, dan beberapa kelebihan lain yang dijual oleh produk itu sendiri.

Cara Membuat Brand Identity

Setelah mengetahui apa kelebihan dari menggunakan brand identity sendiri, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui bagaimana cara membuat brand identity.

Untuk beberapa cara yang bisa dilakukan adalah melakukan riset pasar, kemudian memperhatikan logo dan juga pembuatan template, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan warna dan melakukan analisis terhadap merk untuk mempertahankan brand identity yang dimiliki.

Itulah sebagian cara membuat brand identity yang baik dan benar. Jadi, pastikan dengan benar, tepat dan akurat pada saat Anda akan membuat sebuah brand identity yang akan menarik perhatian dari banyak orang.

(Tagsite/bakti.id)