Saatnya Jadi Bos

Bu Guru Lesti Raup Cuan dari Ramu Kopi Jadi Kerupuk, Caranya Gimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 07:30 WIB
Bu Guru Lesti Raup Cuan dari Ramu Kopi Jadi Kerupuk
Bu Guru Lesti Raup Cuan dari Ramu Kopi Jadi Kerupuk/Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Mengolah biji kopi untuk dijadikan hidangan minuman sudah biasa. Di tangan Lesti Shopiya (26), kopi sukses diolah jadi camilan kerupuk yang lezat dengan nama kemasan Krupko.

Wanita yang juga berprofesi sebagai guru SMK di Kuningan, Jawa Barat itu menceritakan ide bisnis muncul pada 2019 yang ingin membuat produk unik. Kerupuk kopi dipilih dari gabungan bisnis ibunya yang berjualan camilan rengginang dan kakeknya jualan biji kopi.

"Saya sama mama diskusi 'gimana ya cara buat produk unik?', nah terpikir lah (Krupko). Sekarang kan berpikirnya inovasi ya gimana caranya kreativitas kita punya inovasi yang membuat menarik calon konsumen. Muncul lah ide membuat olahan camilan dari kopi," kata Lesti kepada detikcom, ditulis Jumat (15/4/2022).

Meski begitu, lahirnya kerupuk kopi dinilai tidak mudah. Lesti menyebut melakukan uji coba selama tiga bulan untuk membuat sebuah produk yang rasanya benar-benar pas di lidah calon konsumen.

"2019 itu kisaran Oktober sampai tiga bulan uji coba sama mama saya di dapur membuat camilan emang dari kopi. Banyak kegagalan yang kami temukan sampai rasa yang pas di lidah calon-calon konsumen," tuturnya.

Bu Guru Lesti Raup Cuan dari Ramu Kopi Jadi KerupukBu Guru Lesti Raup Cuan dari Ramu Kopi Jadi Kerupuk Foto: Dok. Pribadi

Dengan tekad dan semangat yang kuat, akhirnya muncul lah sebuah kerupuk kopi yang baru muncul saat bersamaan pandemi COVID-19. Meski begitu, produk tersebut perlahan sudah ada peminatnya terlihat dari omzetnya yang kini mencapai hingga lebih dari Rp 5 juta per bulan.

"Produksi 100 pcs per hari, yang penting mah ada lebihnya, kita kan usaha nyari lebihnya untuk bisa berputar kembali," tuturnya.

Tantangan Lesti berbisnis di halaman berikutnya.